Mazda Siap Tarik 42.000 Unit Mazda 6 Karena Masalah "Laba-laba"

Laba-laba tertarik pada aroma bahan bakar dan hidrokarbon mobil.

Suara.Com
Ruben Setiawan
Mazda Siap Tarik 42.000 Unit Mazda 6 Karena Masalah "Laba-laba"
Ilustrasi laba-laba. (Shutterstock)

Suara.com - Mobil Mazda kembali didera masalah serius. Setelah sebelumnya menarik 80.000 produknya karena masalah program yang cacat, kini Mazda juga bakal menarik varian Mazda 6-nya karena masalah laba-laba.

Kabarnya, lubang ventilasi Mazda 6 sangat digemari laba-laba untuk bersarang. Laba-laba jenis kantung kuning itu tertarik masuk ke dalam ventilasi udara lantaran menyukai aroma bensin dan hidrokarbon yang dihasilkan kendaraan.

Bahayanya, jika lubang ventilasi sudah terlalu sesak dengan jaring laba-laba, tentu aliran udara akan terganggu. Jika sudah begitu, tentu akan ada peningkatan tekanan pada tanki bahan bakar. Peningkatan tekanan dapat menimbulkan retakan yang pada akhirnya berpotensi memicu terjadinya api. Memang, pada kenyataannya belum ada laporan mengenai kebakaran lantaran masalah tersebut, namun tetap saja itu menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan.

Masalah ini sebenarnya sudah diketahui oleh Mazda sejak beberapa tahun yang lalu. Pada tahun 2011, sebanyak 52.000 Mazda 6 ditarik untuk dipasangi pegas khusus untuk mencegah laba-laba nakal itu masuk ke dalam ventilasi. Namun, tampaknya laba-laba mampu mengantisipasi pegas itu dan berhasil masuk. Untuk itu, Mazda kini menyiapkan perangkat lunak yang bisa mencegah retakan mencapai tingkat yang membahayakan, meski ruang ventilasi dipenuhi laba-laba.

Mazda meminta agar pemilik Mazda 6 menyerahkan mobilnya secara sukarela untuk dipasangi perangkat lunak tersebut. Mazda menargetkan pemasangan perangkat lunak itu terhadap 42.000 unit Mazda 6 yang beredar di Amerika Serikat. (The Verge)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini