Video: Rasakan Sensasi Melayang bersama Skateboard Terbang Lexus

Slide diciptakan Lexus hanya untuk memamerkan kemutakhiran dan kekayaan teknologi serta desainnya.

Suara.Com
Liberty Jemadu

Suara.com - Lexus akhirnya menunjukkan papan seluncur terbangnya yang dinamai "Slide" di Barcelona, Spanyol. Dalam video yang diunggah ke YouTube, Selasa (4/8/2015), tampak sejumlah peseluncur profesional menguji papan terbang di sebuah arena khusus berlandaskan medan magnet.

Sebelumnya pada 23 Juni lalu Lexus sudah memamerkan purwarupa papan seluncur terbangnya yang sangat mirip dengan skateboard masa depan milik tokoh Marty McFly dalam film fiksi ilmiah lawas, "Back to the Future".

Lexus dalam video berbeda menjelaskan bahwa papan seluncurnya itu menggunakan gagasan tentang magnetik levitation. Papan seluncur itu sendiri bisa melayang di atas medan magnet karena disisipi beberapa superconductor yang didinginkan menggunakan nitrogen cair.

Para ilmuwan sejak lama sudah mengetahui bahwa superconductor yang didinginkan bisa melayang di atas medan magnet, tetapi belum ada yang bisa menerapkannya dalam skala besar, termasuk dalam sebuah papan seluncur. Lexus sendiri butuh lebih dari setahun untuk menciptakan Slide.

Meski demikian, papan seluncur terbang Lexus bukan yang pertama di dunia. Tahun lalu sebuah tim di Amerika Serikat sudah meluncurkan Hendo Hoverboard, papan seluncur terbang yang juga memanfaatkan gaya magnetik. Papan itu kini bisa Anda pesan bebas di situs pembiayaan massal Kickstarter.

Adapun Lexus belum berencana untuk menjual papan seluncur terbangnya itu. Slide diciptakan Lexus hanya untuk memamerkan kemutakhiran dan kekayaan teknologi serta desainnya. (YouTube/Lexus International)

Video Lainnya

Terkini