Cara Mengatasi Tiga Masalah Utama AC Mobil

Ada bunyi aneh saat dinyalakan, udara yang dikeluarkan bau, dan suhunya tak lagi dingin.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Deni Yuliansari
Cara Mengatasi Tiga Masalah Utama AC Mobil
Ilustrasi AC Mobil (Shutterstock).

Suara.com - Perangkat pendingin udara (air conditioner atau AC) sangat penting bagi kenyamanan baik pengendara maupun penumpang mobil. Tetapi AC pada mobil juga menjadi salah satu komponen yang mudah rusak.

AC bermasalah biasanya bisa diketahui dari adanya bunyi aneh saat dinyalakan, udara yang dikeluarkan bau, dan suhunya tak lagi dingin. Nah, untuk mengatasi tiga masalah utama ini pemilik mobil bisa melakukan tiga jenis perawatan berikut yang dianjurkan oleh jaringan diler Auto2000:

Jika AC tidak lagi dingin, ada beberapa masalah mulai dari adanya kebocoran refrigerant atau sambungan pipa hingga komponen yang rusak atau kotor. Jika demikian, sebaiknya periksa kebocoran, membersihkan bagian condensor dan evaporator, lalu mengganti filter yang fungsinya sebagai pengering atau penyerap kandungan air.

Sedangkan AC yang berbunyi biasanya karena blower yang kotor atau terdapat sesuatu yang menyangkut pada kisi-kisi blower AC diruang kabin. Perawatannya cukup dengan membersihkan bagian blower dan kisi-kisi saluran AC.

Untuk AC yang bocor, sebaiknya periksa dan bersihkan secara rutin selang pembuangan AC agar tidak ada yang tersumbat.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini