Gaya Jokowi Menjajal AMMDes Karya Anak Bangsa di IIMS 2018

AMMDes produksi PT. Kiat Mahesa Wintor Indonesia.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Dwi Bowo Raharjo
Gaya Jokowi Menjajal AMMDes Karya Anak Bangsa di IIMS 2018
Jokowi menjajal AMMDes Karya Anak Bangsa. (suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

Suara.com - Presiden Joko Widodo meninjau stand Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) PT. Kiat Mahesa Wintor Indonesia di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Tahun 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan kata sambutan mengatakan dalam pameran otomotif terbesar di Tanah Air perintah memfasilitasi lahirnya produk angkutan yang dirancang untuk meningkatkan perekonomian di pedesaan.

"Produk kendaraan ini kami namakan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes, yang menyediakan dua fungsi sekaligus, yakni fungsi transportasi penumpang dan hasil pertanian dari desa ke kota," ujar Airlangga di Ruang Semeru JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

"Serta sebagai alat produksi pada kegiatan ekonomi pedesaan di sektor perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan," Airlangga menambahkan.

Airlangga berharap pengembangan AMMDes nantinya bisa membuka peluang bagi pelaku industri nasional, terutama rancang bangun dan desain otomotif yang memanfaatkan rantai pasok sepenuhnya dari dalam negeri, dan mengutamakan peran industri kecil dan menengah (IKM).

"Apabila Bapak Presiden berkenan, kiranya dapat mengunjungi produk AMMDes di hall B3, dengan mengusung tema "AMMDes Karya Anak Bangsa-Satu Alat Banyak Manfaat dalam Peningkatan Produktifitas dan Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan'," kata Airlangga.

Berdasarkan pantauan Suara.com, Jokowi sempat merasakan duduk di bagian pengemudi.

Dengan menggunakan jaket denim custom yang bergambar peta Indonesia, Kepala Negara terlihat asik berbincang dengan perwakilan dari PT. KMWI yang duduk di sampingnya. Sementara Airlangga dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung diri di depan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini