Bila Sudah Banyak Tambalan, Ban Mobil Wajib Ganti

Waspadai, jarak satu tambalan dengan lainnya tak boleh terlalu dekat, karena berbahaya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bila Sudah Banyak Tambalan, Ban Mobil Wajib Ganti
Profil ban [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Terkadang para pemilik mobil seringkali mengabaikan kondisi ban yang sudah mengalami banyak tambalan. Padahal kondisi ban seperti ini sebenarnya berbahaya bila dilihat dari sisi keselamatan.

"Kalau berbicara dari sisi keamanan. Ban dengan lima lubang sebaiknya segera diganti.
Terlebih bila dilihat tren dalam bulan tekanan angin selalu berkurang," ujar Rudi Novianto Instruktur Difensive Driving, di Jakarta, Kamis (30/08/2018).

Rudi Novianto menambahkan, kalau berbicara seberapa banyak tambalan memang tidak ada batasan. Namun yang jelas ada jarak maksimal antara tambalan satu ke tambalan lainnya.

"Jaraknya hanya dua centimeter. Jadi antara satu lubang dengan lubang yang terdekatan tidak boleh kurang dari dua centimeter. Bila lebih dekat lagi sudah tidak aman," kata Rudi Novianto.

Tidak hanya ban utama, Rudi Novianto menekankan hal ini juga berlaku dengan ban cadangan untuk urusan keamanan. Pasalnya, tidak sedikit pemilik mobil menyederhanakan kondisi dengan mengubah status ban utama menjadi ban cadangan bila sudah terdapat banyak tambalan.

"Ban cadangan bukanlah ban harian. Akan tetapi ketika dipakai itu fungsinya sama," terangnya.

Menurutnya, ban cadangan juga mesti memiliki kualitas prima seperti ban utama dan  waktu pakainya adalah sementara, saat kondisi darurat saja. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini