Rabu, 19 Desember 2018

BPPT Perkenalkan Rekayasa Teknologi Stasiun Pengisian Listrik

Bakal bisa digunakan masyarakat luas, kini diuji untuk kendaraan listrik R2 dan R4.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Suasana peresmian Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suasana peresmian Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT ) terus melakukan inovasi terhadap pengembangan mobil listrik dan infrastruktur karya anak bangsa. Rekayasa teknologi terbarunya adalah Stasiun Pengisian Listrik  ( SPL ) atau Electric Vehicle Charging Station ( EVCS ).

Sejalan dengan program percepatan mobil listrik Nasional, pada 2018 BPPT menyiapkan dua sistem charging station yaitu Fast charging station 50 kW di BPPT Jakarta, dan smart charging station 20 kW di B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan.

Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi, menyatakan, "BPPT akan melakukan uji coba mobil listrik untuk operasional kantor sehari-hari dari Tangsel ke Jakarta dan sebaliknya."

Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Di samping itu, stasiun bakal bisa digunakan oleh pengguna mobil listrik dari kalangan masyarakat sebagai langkah sosialisasi. Sebagai uji coba fasilitas di atas disiapkan tiga bahan sampel uji kendaraan, berupa kendaraan listrik roda dua (R2), micro car dan city car yang termasuk dalam roda empat (R4).

“Road trip kendaraan listrik dan peluncuran charging station kendaraan listrik ini akan kami lakukan 6 Desember. Mulai dari kantor BPPT Thamrin menuju Puspiptek, Tangsel,” ungkapnya di Kantor BPPT, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Sementara pengertian soal Stasiun Pengisian Listrik atau SPL alias EVCS sendiri, adalah sama halnya dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada kendaraan konvensional. Selain BPPT, PLN juga sudah menghadirkan hal serupa yang kini mulai tersebar di beberapa kota di Tanah Air.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini