Rabu, 12 Desember 2018

Bila Kita Bermobil Listrik, di Manakah Stasiun Pengisiannya ?

Selain Perpres dijadwalkan selesai awal 2019, perlu dialokasikan lokasi recharging.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Saat kesadaran masyarakat akan kendaraan berbahan bakar non-fossil makin mengemuka, prototipe serta mobil listrik mulai diujicoba dan dipasarkan, serta Peraturan Presiden (Perpres) dirancang di Tanah Air, ada lagi satu hal tak boleh dilupakan. Yaitu, lokasi stasiun pengisian ulang listrik atau recharging (Vehicle Charging Stationatau VCS).

Menurut Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan, stasiun pengisian ulang daya listrik atau lokasi recharging ini nantinya berada di tempat-tempat yang menjadi tujuan publik.

"Bisa nantinya di stasiun kereta atau mungkin di berbagai mall," ungkapnya memberikan wacana, seperti dikutip dari kantor beritaAntara.

"Nantinya, stasiun pengisian ulang listrik (VCS) ini akan dibangun secara bertahap, dimaasifkan, sesuai tempat-tempat yang menjadi prioritas di mana mobil listrik nanti akan berkumpul," lanjut Moeldoko.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan ini menyatakan bahwa rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang kendaraan bermotor listrik ditargetkan akan selesai pada awal 2019.

Hingga saat ini, draft kebijakan tentang mobil listrik ini tengah diselaraskan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, kemudian diajukan persetujuan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Moeldoko menambahkan bahwa harapannya Perpres soal produk-produk bermotor listrik itu bakal segera selesai agar bisa dijadikan pegangan bagi para pelaku industri otomotif di Indonesia.

Suasana peresmian Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Suasana peresmian Stasiun Pengisian Listrik BPPT [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Kembali kepada sektor pengadaan stasiun pengisian ulang listrik atau VCS, paling baru adalah inisiasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan meresmikan dua stasiun pada Rabu kemarin (5/12/2018).

Dua stasiun VCS yang dibuat BPPT adalah jenis stasiun pengisian daya cepat (fast charging station) 50 kW di gedung BPPT Jakarta, dan stasiun pengisian daya "pintar" (smart charging station) 20 kW di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini