Senin, 17 Desember 2018

Ertiga Diesel Mulai Tertangkap Uji Jalan, Akan Masuk Indonesia ?

Suzuki India sepertinya akan lebih dulu meluncurkan Ertiga Diesel

Suara.Com
Reky Kalumata | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bagian dalam All New Suzuki Ertiga. (Suara.com/Manuel Jeghesta)
Bagian dalam All New Suzuki Ertiga. (Suara.com/Manuel Jeghesta)

Suara.com - Meluncur pertama kali di Indonesia, Suzuki hanya menawarkan All New Ertiga dengan pilihan mesin bensin. Padahal pada generasi sebelumnya, produsen otomotif asal Jepang tersebut juga menawarkan versi diesel.

Meski belum ada kepastian untuk versi diesel di Indonesia, namun sepertinya Suzuki India akan lebih dulu meluncurkannya. Hal ini terungkap setelah mobil yang diduga Ertiga diesel tertangkap tengah melakukan uji jalan.

Mengutip GaadiWaadi, mesin Ertiga diesel dikabarkan akan menggendong mesin berkapasitas 1.5L. Dengan bekal yang dimiliki, tentu kapasitas tenaga dan torsi pun akan ikut menanjak dibanding generasi sebelumnya yang hanya mengandalkan mesin berkapasitas 1.3L.

Saat pengujian ini, Maruti Suzuki sepertinya mulai menyesuaikan dengan peraturan emisi BSVI yang ketat. Mesin ini harus sudah sesuai sebelum batas waktunya, yakni April 2020.

Mesin diesel baru itu akan dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan juga akan mencapai 110 PS dan torsi 270 Nm. Kemungkinan mesin ini juga akan lebih hemat ketimbang powertrain sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, Seiji Itayama Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) pernah mengatakan, bila saat ini Suzuki masih mempelajari apakah akan menghadirkan kembali Ertiga diesel di Indonesia.

"Kita sedang pelajari dulu apakah akan kita produksi disini atau kembali melakukan import," kata Itayama, di Cikarang Bekasi.

Ia menambahkan, Ertiga diesel sebenarnya merupakan produk berbentuk CBU dari India. Tapi kalau Ertiga biasa kita yang produksi disini.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini