Ini Dia, Target Gaikindo untuk Total Penjualan R4 pada 2019

Berapa banyak unit mobil bakal dilempar ke pasaran, putusan Gaikindo adalah serupa 2018.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Ini Dia, Target Gaikindo untuk Total Penjualan R4 pada 2019
Sejumlah pengunjung memperhatikan mobil di Pameran GIIAS 2018, ICE BSD, Tangerang [Suara.com/Muhaimin A Untung].

Suara.com - Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan bahwa untuk 2019, Gaikindo mentargetkan total penjualan kendaraan roda empat (R4) sebanyak 1,1 juta unit. Di mana, besaran ini adalah sama seperti target 2018.

Dikutip dari kantor berita Antara, meski target tidak beranjak dari tahun lalu, Kukuh Kumara optimistis pasar otomotif Tanah Air bakal terus ramai.

"Indikatornya, selama ini ekonomi relatif tumbuh di kisaran 5,1 persen. Indonesia masuk dalam kategori yang cukup baik di antara negara-negara lain, jadi kami harapkan masih bisa mencapai sekitar 1,1 juta mobil pada 2019 walaupun kami agak hati-hati karena akan ada tahun politik," ucap Kukuh Kumara.

Selain itu, juga dibutuhkan kewaspadaan akan faktor-faktor eksternal, yang disebutkannya, "Di dunia ini ada perang dagang, dan ketidakpastian juga. Namun bila kami bisa mencapai target, setidaknya sama dengan 2018 itu bagus. Jumlah ekspornya juga bisa meningkat."

Kukuh Kumara melihat adanya sejumlah faktor yang bisa mendongkrak penjualan kendaraan di tahun ini. Salah satunya, adalah pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan pemerintah di berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang masif dan merata bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah-daerah, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap peningkatan daya beli.

Untuk tahun ini, Kukuh Kumara menyatakan bahwa kendaraan R4 segmen Multi-Purpose Vehicle (MPV) diperkirakan masih menjadi pilihan utama masyarakat. Kemudian di bawahnya, menyusul kelas Sport Utility Vehicle (SUV).

"Walaupun ada pergeseran ke arah SUV, dan jenis-jenis lain, namun MPV masih dominan," pungkasnya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini