Canggih: Konsep Stasiun Isi Baterai dengan Parkir Valet Otomatis

Pemilik tak perlu memikirkan kemacetan menuju lokasi, cukup arahkan lewat ponsel.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Canggih: Konsep Stasiun Isi Baterai dengan Parkir Valet Otomatis
Ilustrasi salah satu konsep mobil otonom [Shutterstock]

Suara.com - Aneka konsep terkini menuju kendaraan elektrifikasi dan listrik atau Electric Vehicle (EV) terus berlanjut. Tak sebatas produknya, namun segi infrastruktur turut berbenah dari waktu ke waktu.

Setelah temuan akan hadirnya stasiun pengisian baterai yang bergerak atau mobile dengan konsep serupa power bank raksasa, kini bakal muncul sistem pengisian kendaraan listrik nirkabel dengan Sistem Parkir Valet Otomatis (AVPS).

Dikutip dari kantor berita Antara, Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation bersama-sama melahirkan konsep ini.

Persyaratannya, kendaraan bertenaga listrik yang bakal diisi ulang adalah jenis swakemudi atau otonom. Sang pemilik cukup mengarahkan tunggangannya untuk mengisi ulang lewat panduan ponsel cerdas. Dan mobil ini akan menuju ke stasiun sistem pengisian nirkabel dengan fitur AVPS.

Setelah proses berlangsung, tunggangan akan berpindah secara otomatis ke lahan parkir kosong, sehingga kendaraan berikutnya yang mendapatkan giliran bisa melakukan pengisian energi terbarukan itu.

Lantas saat pengguna memberikan perintah kepada tunggangannya, maka secara mandiri mobil akan menuju lokasi sang pemilik.

Rencananya, projek ini akan siap secara komersial mulai 2025. Setelah sebelumnya Hyundai dan Kia akan meluncurkan berbagai produk kendaraan semi swakemudi mulai 2021, serta murni otonom pada 2030.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini