Kamis, 17 Januari 2019

Perhatian: Jadwal Baru Car-Free Day untuk Jakarta Selatan

Ingin mengemudi di kawasan ini, atau beraktivitas tanpa kendaraan, berikut daftarnya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Perhatian: Jadwal Baru Car-Free Day untuk Jakarta Selatan
Presiden Joko Widodo jogging di area Car Free Day Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (1/4/2018) pagi. Sebagai ilustrasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor [Biro Pers Kepresidenan].

Suara.com - Walikota Jakarta Selatan , Marullah Matali mengubah Car-Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor ( HBKB ) untuk kawasan Jakarta Selatan. Yaitu yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Mampang Prapatan sampai Jalan Warung Jati Barat (simpang Mal Pejaten Village). Bila semula jatuh pada minggu ketiga, kini menjadi pekan pertama tiap bulan.

Marullah Matali menyatakan di Jakarta, Sabtu (5/1/2019), bahwa perubahan itu dilakukan sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengarahkan pemerintah kota atau kabupaten di wilayah ibukota untuk melaksanakan HBKB serentak di minggu pertama pada 2019.

Menurut walikota Jakarta Selatan ini, penyeragaman itu dilakukan agar serentak dengan kegiatan pengukuran kualitas udara yang dilakukan tiap awal bulan.

Lebih lanjut Marullah Matali menyebutkan, hari bebas kendaraan pertama pada 2019 akan jatuh pada 6 Januari, mulai pukul 06.00 WIB - 11.00 WIB. Ia menerangkan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan akan meramaikan kegiatan HBKB tahun ini dengan menggelar senam bersama, atraksi seni tari, dan beberapa kegiatan sosialisasi kebakaran dan kependudukan, serta hiburan musik organ tunggal.

Ia berharap, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor bisa dimanfaatkan warga Jakarta Selatan untuk berolahraga seraya menikmati sejuknya udara tanpa polusi udara.

Selama hari bebas kendaraan berlangsung, nantinya kendaraan yang menuju Jalan Mampang Prapatan dan Jalan Warung Jati akan dialihkan ke beberapa ruas jalan sekitarnya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini