Mulai Tersingkap: Kemungkinan Pemilik BMW Misterius di Bulgaria

Odometer mencatat jarak minim, kepemilikan hanya satu orang. Dibatalkan karena merek.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Mulai Tersingkap: Kemungkinan Pemilik BMW Misterius di Bulgaria
BMW Seri 5 E34 di Kazakhstan, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Masih ingat cerita misterius "harta karun" 11 unit BMW lansiran 1994 di Blagoevgrad, Bulgaria? Kini mulai terkuak siapa gerangan yang kiranya memiliki tunggangan Seri 5 E34 dalam jumlah tidak sedikit itu.

Dikutip dari Motoring Research, Inggris, sebuah laman di Facebook menunjukkan, betapa ke-11 unit sedan saloon dan satu estate touring produksi Bayerische Motoren Werke (BMW) ini mendapat perhatian begitu banyak penyuka otomotif. Maklum, model-model 520i dan 525i dengan warna bodi dominan hitam dan merah Calypso itu berada dalam kondisi mulus. Termasuk harta karun mobil retro pula.

Dapur-dapur pacunya menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc silinder segaris, yang menghasilkan tenaga 148 daya kuda untuk model 520i, serta kapasitas 2.500 cc silinder segaris, bertenaga 189 daya kuda untuk model 525i.

Paling kentara, bahwa seluruhnya adalah mobil yang belum pernah digeber buat menunjukkan keperkasaannya di jalanan adalah fakta pada odometer yang menunjukkan angka mendekati nol, alias tak pernah digunakan.

Dugaan awalnya, kendaraan-kendaraan ini dipesan oleh sebuah penyewaan mobil di Bulgaria. Namun kenyataannya, tidak ada surat dan nomor registrasi polisi yang memberikan kebenaran akan hal itu.

Kejelasan malahan didapat dari seorang pemberi komentar di laman Facebook, yang menggunakan nama Edis Shaban. Ia meyakini bahwa ke-11 BMW Seri 5 E34 dibawa ke Bulgaria atas nama Menteri Pertanian saat itu, Nikolay Tadarukov.

Rencananya, mobil-mobil produksi Jerman ini akan dijadikan kendaraan dinas para anggota Majelis Nasional Bulgaria. Sayangnya, para politisi negara itu lebih menggemari raksasa otomotif Jerman lainnya, Mercedes-Benz. Sehingga nasib ke-11 Seri 5 BMW E34 berakhir di gudang kota Blagoevgrad, sebuah kota pendidikan dan budaya di bagian barat daya Bulgaria.

Sungguh disayangkan, karena bila dilelang pasti diminati oleh kalangan penggemar mobil-mobil retro, namun di sisi lain, sulit memenuhi standar emisi Euro 5 dan Euro 6.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini