Calon Bintang CES Las Vegas 2019: Hyundai Mobis

Digelar pekan ini, berbagai teknologi otomotif paling mutakhir siap memukau pengunjung.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Calon Bintang CES Las Vegas 2019: Hyundai Mobis
Tampilan produk swakemudi Hyundai Mobis di CES 2018, Las Vegas, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat yang berlangsung sekitar sepekan, para produsen otomotif ikut unjuk gigi. Mengingat event ini adalah salah satu wadah untuk memamerkan berbagai inovasi teknologi mutakhir menyambut masa depan yang penuh nuansa mobilitas.

Akan halnya Negeri Ginseng, semangat memamerkan temuan teknologi seru bisa disimak dari kehadiran Hyundai Mobis, pabrikan suku cadang Korea Selatan. Inovasi yang diboyongnya ke CES 2019 adalah teknologi otomatisasi swakemudi Level 4.

Dikutip kantor berita Antara dari Yonhap, kantor berita Korea Selatan, tunggangan yang dipamerkan Hyundai Mobis dirancang untuk melakukan semua fungsi mengemudi dengan berlandaskan unsur safety, termasuk memantau kondisi jalan.

Mobil konsep racikan Hyundai Mobis ini disebut sebagai M.VISION, dengan peranti penggerak swakemudi atau otonom, yang terdiri dari empat unit pendeteksi cahaya, sensor LiDAR , ditambah lima sensor kamera multifungsi. Demikian dikutip Yonhap dari pernyataan perusahaan itu.

Cara kerjanya, lima sensor kamera multifungsi dilengkapi laser dan 12 sensor ultrasound bekerja di bagian bawah mobil konsep M.VISION. Sedangkan peranti di bagian atapnya menggunakan energi cahaya yang dipancarkan dari laser tadi, untuk memindai tanah dan mengukur jarak variabel.

Dengan cara ini, si mobil konsep bisa mendeteksi seluruh subjek di sekeliling area tempatnya berada, dan melajukan kendaraan secara lebih aman setelah menganalisa sekitarnya.

Bersama dengan teknologi Level 4, tunggangan penginderaan mandiri ini rencananya akan siap setelah 2025 dan akan dioperasikan di kawasan perkotaan yang tentu saja memiliki banyak persimpangan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini