Rabu, 23 Januari 2019

Tesla Digugat: Speed Limiter dan Baterai Bikin Nyawa Melayang

Kejadian ini menimpa Tesla Model S lansiran 2014, dan tercatat dua korban meninggal.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Tesla Digugat: Speed Limiter dan Baterai Bikin Nyawa Melayang
Ilustrasi mobil listrik Tesla Model S [Shutterstock].

Suara.com - Pada Mei 2018, Barrett Riley mengemudikan Tesla Model S produksi 2014 dan turut bersamanya di jok penumpang adalah Edgar Monserratt Martinez. Dalam kondisi ngebut, kendaraan terempas ke sebuah dinding beton di Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat. Mobil terbakar serta menewaskan kedua remaja berusia 18 tahun di dalamnya. Demikian dikutip kantor berita Antara dari Reuters, pada Rabu (9/1/2019).

Kejadian ini diperkarakan lewat kantor pengacara Chicago Corboy & Demetrio, di mana pihak pertama mengajukan gugatan kepada pihak kedua, yaitu produsen mobil listrik (Electric Vehicle atau EV) Tesla Incorporation.

Berdasarkan isi gugatan sebagaimana ditulis Reuters, dua bulan sebelum terjadi peristiwa mengenaskan ini, orangtua Barrett Riley memasang speed limiter di pusat layanan Tesla dalam upaya mencegah tunggangan itu dibawa ngebut dalam kecepatan di atas 137 km per jam.

Sayangnya, dalam kunjungan ke pusat layanan Tesla berikutnya, speed limiter ini dicopot tanpa sepengetahuan orangtua Barrett Riley. Akibatnya, saat kejadian tunggangan melesat dalam kecepatan 185 km per jam.

Parahnya lagi, setelah menabrak dinding beton, baterai terbakar sehingga nyawa kedua korban melayang.

Soal kebakaran baterai ini sendiri, pihak penggugat menggarisbawahi telah terjadi kerusakan atas pemasok daya itu. Mereka menuduh Tesla atas kerusakan baterai pada Tesla Model S 2014. Apalagi, dari berbagai penjuru dunia, banyak terjadi kasus serupa kurun lima tahun terakhir, yaitu baterai Tesla Model S terbakar saat tabrakan, bahkan ketika parkir.

Sehingga ada dua poin gugatan yang dilayangkan untuk Tesla: karena baterai bermasalah, serta kelalaian telah melepas speed limiter pada Tesla Model S 2014.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini