Kenalkan: Paul Oz, Pematung Ayrton Senna dengan Cara "Akting"

Simak pengalaman seorang seniman "berperan" sebagai autoseleb legenda F1 pujaannya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Kenalkan: Paul Oz, Pematung Ayrton Senna dengan Cara "Akting"
Autosport International Show 2019 yang digelar di NEC Convention Centre, Birmingham, Inggris (12/1/2019). Tampak suasana para pereli dunia dari seri World rally Championship (WRC) tengah diwawancarai [AFP/Oli Scarff].

Suara.com - Selama ini, aktor dan aktris dikenal mendalami peran dengan cara melebur diri menjadi sosok atau karakter sesuai skenario. Namun, seniman perupa seni patung Paul Oz asal Britania Raya juga melakukan hal kurang-lebih senada: ia "berakting", atau  "memerankan" sosok Ayrton Senna. Hanya, hasilnya dalam ujud patung, bukan sebuah film.

Karya Paul Oz, sosok legenda balap Formula One (F1) peraih juara dunia tiga kali, Ayrton Senna telah merebut perhatian publik luas dalam pergelaran Autosport International Show 2019 yang berlangsung di NEC Convention Centre, Birmingham, Inggris.

Di acara itu, ia memamerkan karyanya yang sangat kental napas otomotif: patung Ayrton Senna tengah beraksi mengeksekusi tikungan seru Eau Rouge menuju Raidillon, di GP F1 Belgia. Materialnya adalah perunggu murni dengan bobot 160 kg, dan berdimensi sama dengan kita.

Paul Oz melakukan selfie dengan patung Ayrton Senna saat masih dalam tahapan bahan clay [Instgram : @paulozartist].
Paul Oz melakukan selfie dengan patung Ayrton Senna saat masih dalam tahapan bahan clay [Instgram : @paulozartist].

Selain kental nilai kecepatan, karya seni ini dibuat dengan cara istimewa.

Awalnya, Paul Oz mempelajari postur dan gerakan khas Ayrton Senna lewat potret atau seni rupa dua dimensi atau 2D, untuk diubah ke konsep 3D. Namun ia merasakan kesulitan dalam mengeksekusinya.

Laman berikut adalah bagaimana Paul Oz menjelma sebagai Ayrton Senna.

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini