Hore, Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Bakal Digelar di Sumatera !

Cantiknya Tanah Air dipadu ekstremnya lintasan mensyaratkan tim pelaga bekerja sama.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Hore, Indonesia Offroad eXpedition (IOX) Bakal Digelar di Sumatera !
Warga menyaksikan salah satu peserta balap memacu mobilnya dalam Kejurnas speed off-road 2018 seri ke-4 putaran terakhir di sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (09/12/2018). Tim Bina Benua Group AHSRT menjadi juara umum dalam event ini [ANTARA FOTO/Bayu]. Sebagai ilustrasi salah satu cabang kegiatan off-road.

Suara.com - Eloknya bentang alam Sumatera Utara dan Sumatera Barat bakal segera dinikmati oleh para off-roader Tanah Air, meski untuk mencapainya harus menempuh rute yang super ekstrem.

Dikutip dari kantor berita Antara, bakal ada ratusan off-roader bergabung dalam acara bertajuk Indonesia Offroad eXpedition (IOX), yang siap digelar 9 - 24 Februari 2019. Rutenya dari Medan, Sumatera Utara, sampai Bukittinggi, Sumatera Barat, dengan jarak tempuh tak kurang dari 1.400 km.

"IOX 2019 Andalas merupakan kelanjutan dari acara senada, dengan rute Kendari-Makassar pada 2017. Soal tantangan tidak kalah, peserta akan diuji kemampuannya, baik fisik, mental maupun tunggangannya," papar Sri Hascaryo di Jakarta, Minggu (27/1/2019).

Ia tambahkan bahwa off-roader yang terjun di IOX 2019 Andalas mencapai sekitar 400 personel, 81 tunggangan berpenggerak empat roda atau 4x4, dan 74 motor. Sementara pimpinan ekspedisi dipercayakan kepada Syamsir Alam, salah satu off-roader legendaris serta pendiri Indonesia Off-road Federation (IOF).

"Seluruh peserta sangat antusias ketika mengetahui bahwa Pak Syamsir bersedia menjadi team leader event ini," lanjut Sri Hascaryo.

"Kami bisa membayangkan, seperti apa beratnya trek yang bakal dilakoni, bila dibuat oleh Pak Syamsir," imbuh Zulkarnain Danie, atau biasa disapa Joel, dari tim Badak Mophar.

Sementara Syamsir Alam selaku team leader IOX 2019 memaparkan bahwa ekspedisi yang bakal dilakoni bersama akan benar-benar menguji skill dan kesabaran para off-roader sampai ke batas maksimal kemampuan mereka. Tambahan lagi, kondisi musim hujan dengan curah lebat seperti terjadi sekarang menjadi tambahan ujian perjalanan nanti.

"Dengan kondisi trek seperti ini, kerja sama tim sangatlah penting. Kemampuan navigator dan mekanik bakal sangat menentukan keberhasilan peserta untuk berhasil keluar dari trek yang ganas," tukas Syamsir Alam.

Ia sendiri, dalam berkegiatan off-road didukung tunggangan modifikasi off-road Jeep Wrangler JK Rubicon dari HASCAR dan Mopar.

Dalam IOX 2019 Andalas nanti, seluruh tunggangan peserta diwajibkan ikut serta scrutineering atau pemeriksaan keabsahan di Jakarta sebelum dikirim ke Medan, serta sekali lagi scrutineering di Medan pada 8 Februari 2019.

Para tokoh yang akan hadir dalam acara scrutineering IOX 2019 Andalas antara lain Ketua Dewan Pembina IOX sekaligus mantan Kapolri, Jenderal (Pur) Rusmanhadi, Ketua Indonesia Offroad Federation (IOF), Irjen Pol Drs H Sam Budigusdian, serta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini