Ada Tanda-tanda Suzuki Hendak Lanjutkan Produksi Hayabusa !

Bukan sekadar gosip, karena salah satu desain terpenting dari motor ini telah dipatenkan.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Suzuki Hayabusa [Shutterstock].
Suzuki Hayabusa [Shutterstock].

Suara.com - Pertanyaan seputar akankah Suzuki mempertahankan sebuah produk kerennya, motor besar alias motor gede atau moge Hayabusa agaknya bakal segera mendapat jawaban. Bocorannya terjadi lewat persiapan paten baru yang diajukan pabrikan berlogo S prisma itu.

Dikutip dari Ridepart, lewat pengajuan itulah Suzuki memberikan petunjuk tentang rencana mempertahankan Hayabusa dengan beberapa detail baru.

Dalam pengajuan paten tadi, Suzuki memberikan gambaran sangat spesifik tentang desain saluran gas buang Suzuki Hayabusa. Di mana sistem ini diklaim telah menyesuaikan regulasi emisi global untuk menentukan kebisingan dan buangan emisi yang diizinkan.

Berkat desain baru, pabrikan mengatakan Hayabusa sudah mencapai keseimbangan antara kinerja mesin dengan emisi yang dikeluarkan. Desain yang diperbarui mengambil jalur asimetris untuk mengoptimalkan aliran gas dan meminimalkan kebisingan dan emisi.

Dari sisi skema, bagian kanan sistem memiliki diameter yang lebih besar, pipa lebih lurus, sedangkan pipa sisi kiri lebih kecil dan memiliki lebih banyak lengkungan. Ditambah katup gas buang yang hanya terbuka pada putaran yang lebih tinggi, dan pada putaran yang lebih rendah gas buang dialirkan keluar dari dua sisi knalpot.

Desain yang ada disebut mampu membuat sepeda lebih tenang di putaran rendah, dan katup terbuka, ketika gas dibuka penuh.

Suzuki sendiri sebelumnya sempat dikabarkan akan menyuntik mati Hayabusa. Namun kabar ini sepertinya akan menjadi kejutan dari pabrikan asal Jepang itu, dalam upaya menghadirkan Hayabusa model terbaru.

Jadi mari kita tunggu bersama, apakah Suzuki Hayabusa akan datang kembali dengan segudang inovasi.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini