David Sitanala Sowan Gubernur, Ini yang Dibahas

Setelah Rio Haryanto dan Sean Gelael, dia membawa nama Indonesia ke laga single-seater.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
David Sitanala Sowan Gubernur, Ini yang Dibahas
Driver F4 asal Maluku, David Sitanala [Instagram : @davidjsitanala].

Suara.com - Berlangsung di Ambon, ibu kota Tanah Maluku , kemarin (30/1/2019) pebalap single-seater asal Indonesia, David Juliano Sitanala berjumpa dengan Gubernur Maluku, Said Assagaff.

Dikutip dari kantor berita Antara, Nyong Ambon satu ini menceritakan bahwa maksud kedatangannya adalah mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh yang diterimanya dari Pemerintah Provinsi Maluku, dalam bentuk moril maupun anggaran.

"Dukungan terbesar melalui Gubernur Said Assagaff, yaitu menjadi sponsor utama kompetisi F4 China pada 2017," ungkap lajang berambut ikal ini.

Selama empat tahun berkiprah di ajang karting internasional, kata David Sitanala, Pemprov Maluku mendorongnya untuk selalu bersemangat. Sekaligus mengemban dan melaksanakan misi mempromosikan Maluku, terlebih di sektor pariwisata.

Caranya, dengan memasang logo Pemprov Maluku serta tulisan "Visit Maluku" sebagai bagian livery tunggangan Formula 4 (F4) serta membincangkan eloknya Negeri Seribu Pulau dengan sesama driver di ajang single-seater itu.

Dua hal yang dilakukannya itu terasa gregetnya, saat David Sitanala mampu meraih dua gelar bergengsi di Sirkuit Zhuhai, China, pada April 2017. Dari tiga race digelar, dua kali ia memenangi peringkat ke-tiga.

"Kami tetap mendukung perjuangan David Sitanala di ajang sirkuit internasional karena bisa menjadi contoh sekaligus motivasi bagi generasi muda Maluku lainnya," ujar Gubernur Maluku Said Assagaff dalam perjumpaannya dengan sang pebalap F4 di Ambon.

Harapan beliau, selain berjuang meraih prestasi terbaik di dunia balap internasional, David Sitanala tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab moralnya untuk mempromosikan Maluku sehingga lebih dikenal secara luas.

Saat ini, David Sitanala menempuh pendidikan di Universitas Nanyang, Singapura, dengan beasiswa dari Pemerintah Maluku. Dalam acara sowannya kepada Gubernur Maluku kemarin menyatakan kesiapannya untuk turun berlaga di beberapa kejuaraan single seater F4 internasional putaran 2019. Semoga ia bisa terus lanjut, seperti Rio Haryanto dan Sean Gelael di pentas single-seater dunia.

Beberapa catatan prestasi dari lajang yang ditetapkan sebagai Duta Wisata Maluku oleh Kementerian Pariwisata serta mendapat dukungan dari Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi ini adalah juara kelas junior Indonesia Rotax Max Challenge dan runner-up Asia Max Challenge (2014). Juga peraih gelar The Best National Junior Max Kart Driver IMI Award 2014, The Best International Junior Max Kart Driver dari IMI dan FIA 2014, serta wakil Indonesia di kategori Junior Max pada kejuaraan dunia Grand Final Rotax 2014 di Valencia, Spanyol.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini