Pakai Mobil, Mari Belajar dari Kisah Miss International 2017

Ini soal etika berkendara dan mentalitas, tunggangan cerminkan perilaku pemiliknya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Pakai Mobil, Mari Belajar dari Kisah Miss International 2017
Kevin Liliana [Instagram @kevinlln].

Suara.com - Bagi para pembaca, khususnya kaum perempuan: apakah Anda pernah dilecehkan oleh pengguna kendaraan--bisa roda dua (R2) dan roda empat (R4)-- secara verbal di jalanan (disebut sebagai cat calling)? Kini saatnya bertindak. Bila yakin benar, beri peringatan. Bila mengelak, ajak saja menghadap yang berwajib. Pasti pelaku mencari seribu alasan agar masalahnya dianggap selesai.

Kejadian ini menimpa Miss International 2017 dan runner-up 1 Putri Indonesia 2017, Kevin Liliana. Ia dilecehkan seorang lelaki bermobil Honda CR-V. Saking geramnya, ia sampai gemetar saat menuliskan kisahnya di media sosial Instagram, Insta Story, dengan akun pribadi @kevinlln yang tayang Rabu (30/1/2019).

Saat itu, Kevin Liliana yang mengenakan busana sopan tengah berjalan menuju apartemennya. Tak dinyana, satu Honda CR-V berwarna abu-abu mengklaksonnya. Karena merasa tak menghalangi jalan, ia pun menoleh secara spontan.

Apa yang dilihatnya sungguh mengerikan: seorang lelaki berusia tidak muda dan tanpa rambut di kepala, serta berkacamata, tengah memejamkan mata dan bibirnya bergerak-gerak seolah tengah mencium-cium.

Insta Story Kevin Liliana soal pelecehan yang dialami  [Instagram @kevinlln].
Insta Story Kevin Liliana soal pelecehan yang dialami [Instagram @kevinlln].

Sontak Kevin Liliana merasa jijik sekaligus geram. Ia langsung menghampiri Honda CR-V yang berhenti untuk mengantre bayar parkir.

Dan paling memalukan, si pemilik mobil tiba-tiba terserang "lupa ingatan". Berpura-pura tidak terjadi apa-apa. Sementara satpam tak mengambil langkah pengamanan apapun.

Kevin Liliana secara terbuka dan tegas menyatakan di Insta Story, agar aksi cat calling seperti itu dihentikan.

Mari belajar dari kejadian ini. Jangan ragu untuk melawan tindakan cat calling dan menempatkan etika di atas segalanya. Bagaimanapun, tunggangan mencerminkan sang pemilik. Pelaku akan dicirikan dengan kendaraan yang dia kemudikan.


Mobimoto.com/Husna Rahmayunita

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini