Kenalkan: Stanley si Robot Parkir Valet Bandara

Sebentar lagi, selain petugas valet sungguhan ada robot siap memarkirkan mobil di bandara.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Ilustrasi mobil swakemudi [Shutterstock].
Ilustrasi mobil swakemudi [Shutterstock].

Suara.com - Melongok kawasan sekitar bandar udara Heathrow (LHR) dan Gatwick (LGW), dua lapangan terbang tersibuk dekat ibu kota London, Inggris, tersedia begitu banyak lahan parkir kendaraan roda empat (R4). Mereka yang akan bepergian atau menjemput penumpang pesawat, bisa menggunakan jasa parkir valet agar tunggangan disimpankan. Kelak, peran petugas valet mungkin saja digantikan oleh robot.

Dikutip dari Carscoops, robot bernama Stanley atau dipendekkan sebagai Stan bakal dioperasikan di bandara LGW. Uji coba atas robot swakemudi atau otonom ini tengah dilakukan di sana. Ujudnya mirip roti tawar, berdimensi sepanjang moncong mobil.

Stanley, robot parkir swakemudi [screen shot: Stanley Robotics].
Stanley, robot parkir swakemudi [screen shot: Stanley Robotics].

Pemilik kendaraan cukup memarkir tunggangan mereka di salah satu garasi yang tersedia, lantas memindai QR code. Selanjutnya, Stan akan menjemput, dengan menjulurkan lengan sampai meraih moncong mobil. Kemudian membawa kendaraan ke lokasi penyimpanan.

Bandar udara Gatwick, LGW akan menggunakan kepiawaian Stan selama tiga bulan dan mengganti 170 lahan parkir biasa menjadi 270 titik pengambilan mobil oleh robot swakemudi bernama Stan alias Stanley tadi. Tujuannya adalah demi memaksimalkan ruang parkir.

Bagaimana putusan penggunaan robot valet swakemudi nantinya pasti ditinjau ulang, mengingat petugas valet sungguhan sampai saat ini masih melaksanakan tugasnya.


Mobimoto.com/Praba Mustika

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini