5 Tindakan Salah ini Bikin Kopling Mobil Cepat Rusak, Jangan Lakukan

Kopling mobilmu sama pentingnya dengan elemen lain.

Suara.Com
Angga Roni Priambodo
5 Tindakan Salah ini Bikin Kopling Mobil Cepat Rusak, Jangan Lakukan
Ilustrasi (shutterstock).

Suara.com - Selain pedal rem dan gas, salah satu pedal yang setia berada di bawah kaki pengemudi mobil manual adalah tuas kopling. Pedal tersebut tak kalah penting dari dua pedal lainnya. Komponen kopling tersebut berfungsi dalam mengatur perpindahan gigi pada saat berkendara.

Kopling terdiri dari beberapa komponen seperti pedal, kampas, kabel, dan druk laher. Namun begitu, bila salah salah satu komponen tersebut rusak, kinerja kopling akan terganggu. Beberapa penyebab rusaknya kopling adalah dari tindakan si pengemudi mobil sendiri lho.

Inilah 5 kebiasaan buruk yang menyebabkan kopling rusak seperti yang dikutip dari laman daihatsu.co.id.

1. Posisi setengah kopling

Cara ini biasanya dilakukan saat macet dan berada di tanjakan. Tapi tak disangka, ternyata hal itu mempercepat kerusakan kopling mobil. Hayo, siapa yang sering pakai jurus setengah kopling?

2. Menginjak dan melepas kopling dengan kasar

Ilustrasi kopling. (pixabay)
Ilustrasi kopling. (pixabay)

Melepas dan menginjak kopling dengan kasar dapat merusak kopling. Untuk itu, usahakan agar lebih hati-hati saat memindahkan transmisi mobil dan jangan sampai menimbulkan bunyi kasar.

Masih ada penyebab lain dari tindakan salah yang sering dilakukan sopir mobil yang membuat kopling cepat rusak. Apa saja itu?

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini