Catatan dari Raker IMI Sulsel: e-Sport Masuk Cabor Balap Otomotif

Jenis cabang olah raga alias cabor otomotif kini makin semarak dengan masuknya e-Sport.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Catatan dari Raker IMI Sulsel: e-Sport Masuk Cabor Balap Otomotif
Ilustrasi e-sport [Shutterstock].

Suara.com - Coba sebutkan cabang-cabang olah raga otomotif yang Anda kenal. Dari trek di sirkuit sampai off-road pasti banyak ragamnya. Belum lagi wahana yang digunakan. Mulai roda dua (R2), roda empat (R4), sampai jenis mass production maupun terbatas serta prototipe. Kini, jumlah ini semakin semarak.

Dikutip dari kantor berita Antara, disebutkan bahwa Rapat Kerja Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan membahas tentang cabang olah raga alias cabor balap otomotif baru, e-Sport.

Cabor dari aneka games online  itu sendiri telah diakui diakui IMI Pusat dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMI di Balikpapan pada 15 Desember 2018.

"Selain refleksi program kerja IMI Sulsel tahun lalu, kami juga membahas mekanisme e-Sport atau kejuaraan balap online yang baru saja diputuskan pada Rakernas lalu," papar Ketua IMI Sulsel, Subhan Aksa, yang didampingi Ketua Harian, Hudli Huduri, di sela Rakerprov di Makassar, Minggu (3/4/2019).

Menurut Ubang, sapaan akrab Subhan Aksa, cabang olahraga baru di bidang otomotif ini, belum populer sehingga diperlukan pembahasan terkait dengan aturan dan mekanismenya, supaya bisa berjalan baik. Juga perlu membentuk komisi khusus dalam menangani e-Sport lewat sebuah regulasi dan melakukan sosialisasi agar para driver atau atlet otomotif bisa ikut bertarung, bila cabor ini masuk kalender nasional.

"Kami coba tahun ini menggodoknya dengan perencanaan lebih baik, karena ini hal baru. Tentu kami melihat potensinya ke depan, mengingat e-Sport di luar negeri sangat besar peminatnya," ujar Subhan Aksa.

Ia menambahkan, semoga nantinya IMI bisa menjadi fasilitator.

"Porda (Pekan Olah Raga Daerah) menjadi ajang pemanasan e-Sport, kami harapkan PON (Pekan Olah Raga Nasional) 2020 bisa maksimal setelah PON yang lalu Sulsel berhasil meraih medali perunggu. Kami berharap e-Sport sudah bisa diperlombakan dalam Kejurnas nanti," tambah Hudli Huduri.

Patut dicatat adalah rencana melakukan sosialisasi e-Sport untuk game balap kepada para driver atau atlet otomotif nasional. Harapannya tentu cabor ini makin seru, bahkan menjadi simulasi sebelum bertarung di trek balap atau medan laga otomotif lainnya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini