Keren, Pekan Depan Dilelang Motor Mini MV Agusta !

Dibuat merayakan kemenangan Phil Read, motor mini MV Agusta ini mampu melaju kencang.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Keren, Pekan Depan Dilelang Motor Mini MV Agusta !
Giacomo Agostini di atas tunggangannya yang dibuat MV Agusta, dalam sebuah balap eksibisi pada 2018. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Orangtua serta anggota keluarga besar adalah cermin sekaligus soko guru bagi anak-anak untuk mengikuti jejak mereka. Terutama soal bakat dan kesukaan, termasuk menyangkut dunia otomotif. Sebut saja nama Bruno Senna, keponakan dari mendiang juara dunia Formula One (F1) tiga kali, Ayrton Senna. Atau Mick Schumacher, driver balap Formula Two (F2) yang tak lain adalah putra juara dunia F1 tujuh kali, Michael Schumacher.

Kali ini, dunia lelang produk-produk otomotif, termasuk yang langka, tengah menyorot MV Agusta Mini Bike Racing. Dikutip RiderApart dari Silodrome, inilah motor mini yang dibuat khusus untuk menyambut kesuksesan rider kenamaan asal Britania Raya, Phil Read pada 1973. Saat itu, ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500 cc dengan menunggang produk MV Agusta.

Sebagai catatan, MV  Agusta yang berpusat di Italia, terkenal sebagai pemasok motor balap di berbagai kejuaraan dunia saat itu, utamanya yang digeber  oleh rider kenamaan Negeri Pizza, Giacomo Agostini.

Meski hanya sebuah replika dan dibuat untuk konsumsi anak-anak, si motor mini ini adalah cetak presisi dari motor balap MV Agusta tunggangan Phil Read. Hanya ukurannya,diselaraskan tubuh mereka. Mulai fairing, jok, sampai setang sangat mirip. Dilengkapi empat knalpot atau luaran gas buang yang keren.

Seluruh bagian motor mini dibuat oleh MV Agusta sendiri, kecuali bagian dapur pacu. Mesinnya dibuat oleh Franco Morini, dengan spesifikasi 2 silinder dan kapasitas 47,6 cc, memiliki rasio kompresi 6,5 : 1, ditambah karburator Dellorto, serta kopling centrifugal.

Top speed yang didapat adalah 40 km per jam. Cukup dahsyat bagi anak-anak, dengan bobot total si motor sendiri mencapai 30 kg.

Desainnya sungguh memukau, tersedia dalam versi roda berdiameter 8 inchi, 10 inchi, serta 12 inchi. Yaitu garpu teleskopik di depan, bagian belakang menggunakan rem drum, sedangkan rangkanya adalah tabung twin down dari baja tubular, dilengkapi lengan ayun tradisional dengan dua shock-absorber.

Rencananya, model yang sempat populer pada 1970-an ini akan dilelang di Paris, Perancis, awal pekan depan (9/2/2019). Terpikat? Silakan berburu, dengan semangat mengaspal ala Phil Read!

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini