Taksi Ramah Disabilitas, Terbaru dari Toyota

Nilai plus dari taksi yang menggunakan produk Toyota ini adalah akses tiga menit saja.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Toyota Sienta di IIMS 2016, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Liberty Jemadu].
Toyota Sienta di IIMS 2016, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Liberty Jemadu].

Suara.com - Mengingatkan pada moto baru Toyota Motor Corporation, yaitu Start Your Impossible, salah satu raksasa Negeri Matahari Terbit ini baru saja memperkenalkan armada taksi khusus difabel pengguna kursi roda di Tokyo, Jepang.

Mengutip NHK, pejabat Toyota Motor Corporation menjelaskan, sebelumnya pengemudi harus melakukan 63 langkah untuk bisa memasukkan kursi roda ke dalam mobil. Namun pada produk baru Toyota ini, pengemudi taksi hanya memerlukan 24 langkah untuk melayani penumpang berkursi roda.

Hal itu memungkinkan pengemudi berpengalaman untuk memasukkan penumpang dalam waktu hanya tiga menit.

Rencananya, taksi ramah difabel atau untuk penyandang disabilitas ini akan tersedia sebanyak 10 ribu unit. Hal ini sejalan dengan target Pemerintah Kota Tokyo guna menyiapkan seperlima dari total populasi taksi, sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade pada April 2020. Sedangkan penjualannya baru akan dilakukan Maret 2019.

Di Indonesia sendiri, Toyota sempat memperkenalkan Toyota Sienta khusus difabel di ajang Gaikindo Indonesia International Autos Show (GIIAS) 2018, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Model ini mendapat desain khusus untuk mempermudah para penyandang disabilitas serta para lanjut usia atau kaum jompo dalam menaiki mobil.

Terkait versi produksi dari Sienta khusus difabel, Toyota mengaku model ini sedang dalam proses produksi. Diharapkan sudah bisa dipasarkan mulai 2019.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini