Renault - Nissan - Mitsubishi Gandeng Google untuk Taksi Swakemudi ?

Taksi swakemudi Renault - Nissan - Mitsubishi ini dibekali sistem pembayaran tertentu.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Renault - Nissan - Mitsubishi Gandeng Google untuk Taksi Swakemudi ?
Uji coba taksi swakemudi. Sebagai ilustrasi [YouTube Nikkei Asian].

Suara.com - Aliansi otomotif Renault - Nissan - Mitsubishi dikabarkan akan menggandeng Alphabet Incorporation, perusahaan induk Google, untuk mengembangkan taksi swakemudi.

Para mitra aliansi yang awalnya disatukan atas inisiatif Carlos Ghosn itu tengah mempertimbangkan pengembangan bersama untuk armada dari Nissan. Menurut rencana, taksi swakemudi hasil kerjasama ini akan dibekali sistem penanganan proses pemesanan dan pembayaran cerdas.

Meski belum ada kepastian akan kabar ini, harian Nikkei menyebutkan bahwa  pengumuman akan kemitraan tadi akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Akan tetapi, menangapi kabar yang beredar, Nick Twork selaku juru bicara aliansi Renault - Nissan - Mitsubishi buru - buru menepis rumor soal taksi swakemudi itu

"Berita (Nikkei) didasarkan kepada spekulasi. Kami tidak memiliki berita apapun untuk diumumkan pada saat ini," kata Nick Twork, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya para petinggi Nissan memang sempat melakukan pertemuan dan menyatakan komitmen untuk terus memperkuat aliansi. Pertemuan ini sekaligus membahas penyelidikan mantan petinggi mereka, Carlos Ghosn, dan membahas tata kelola aliansi.

Seperti diketahui, Carlos Ghosn sekarang tengah menjadi pesakitan di Pengadilan Tokyo, Jepang karena dakwaan telah memperkecil laporan penerimaan keuangan dari Nissan, serta mengalihkan kerugian bisnis pribadi ke rekening perusahaan itu. Sidang pertamanya digelar awal tahun ini (8/1/2019).

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini