Ikuti Trend, Amazon Terjun Kembangkan Teknologi Swakemudi

Tokoh kemitraan yang digandeng Amazon awalnya mengurusi projek wakemudi Google.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ikuti Trend, Amazon Terjun Kembangkan Teknologi Swakemudi
Ilustrasi mobil swakemudi [Shutterstock].

Suara.com - Mengikuti tren teknologi di bidang mobil swakemudi, Amazon dikabarkan telah menanamkan  investasi sebesar 530 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 7,44 triliun kepada perusahaan rintisan (start up) Aurora Innovation yang berbasis di Palo Alto, California, Negara Paman Sam.

"Kami selalu berinvestasi di perusahaan yang inovatif, perusahaan yang terobsesi dengan pelanggan," demikian keterangan Amazon seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Aurora Innovation memang merupakan start up yang memiliki fokus pada pengembangan kendaraan swakemudi. Namun dalam prosesnya, perusahaan juga menggandeng perusahaan lain dengan tujuan membangun kerja sama.

Tercatat di awal 2018, Aurora Innovation mengumumkan kemitraan Volkswagen Group di bidang swakemudi. Dengan demikian, keputusan berinvestasi ini bukanlah kali perdananya untuk membangun kemitraan strategis.

Selain itu, dengan banyaknya kemitraan yang dilakukan tentu memperkecil persaingan antarperusahaan. Sehingga bukannya tidak mungkin bila Aurora akan berkembang menjadi salah satu perusahaan besar di bidang mobil swakemudi.

Rencananya, dana investasi akan digunakan untuk mempercepat pengembangan teknologi "Aurora Driver" dan memperkuat tim serta jaringan kemitraan.

Untuk diketahui, Aurora Innovation merupakan perusahaan di bawah pimpinan  Chris Urmson yang pernah menjabat sebagai kepala projek kendaraan swakemudi Google.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini