Ini Cara Menghilangkan Bau Asap Rokok dari Kabin Mobil

Selain bikin pengap, bau asap rokok juga bisa membuat konsentrasi mengemudi jadi berkurang.

Suara.Com
Vania Rossa | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ilustrasi merawat interior mobil. [Shutterstock/Photographee]
Ilustrasi merawat interior mobil. [Shutterstock/Photographee]

Suara.com - Masih suka mengemudi sambil merokok? Risikonya, kabin mobil bakal berbau tak sedap alias dipenuhi bau asap rokok. Jangan dibiarkan bau asap rokok di kabin mobil sampai berhari-hari.

Mengutip laman resmi Hyundai, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau asap rokok pada kabin mobil. Meski prosesnya tidak mudah, tetapi cara ini bisa dilakukan oleh pemilik mobil di rumah bila sudah tak tahan dengan bau yang mengganggu ini.

Pertama, singkirkan semua sampah yang ada di dalam kabin, termasuk di jok dan karpet, menggunakan vacuum cleaner. Pastikan proses pembersihan ini benar-benar sempurna sampai tak tersisa sampah sedikitpun. Kemudian, lap bagian interior dengan cairan pembersih.

Sedangkan untuk mengusir bau rokok dari jok atau karpet, gunakan penghilang bau berbahan enzim. Meski harga di pasaran cukup mahal, namun bahan ini cukup efektif menghilangkan bau tak sedap karena asap rokok.

Selain itu, lakukan juga pembersihan pada sistem sirkulasi udara. Dalam hal ini, pemilik kendaraan tidak perlu membongkar sistem sirkulasi udara pada mobil. Pembersihan cukup dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan penetral bau atau pengharum ruangan.

Selanjutnya, parkirlah mobil di tempat terbuka dengan menyalakan AC pada mobil dan membuka semua pintu. Hal ini berfungsi agar sirkulasi udara kembali bersih tanpa ada asap rokok yang mengendap di dalam kabin.

Terakhir, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Ini adalah cara yang cukup mudah, karena bahan-bahannya bisa didapatkan di dapur seperti kopi, vanilla, atau kayu manis yang diletakan di kabin mobil. Selamat mencoba.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini