Shoei Siap Pasarkan Helm Pintar di 2020

Dengan teknologi HUD, Shoei mampu menayangkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi pada visor helm.

Suara.Com
Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Shoei Siap Pasarkan Helm Pintar di 2020
Helm-helm buatan Shoei dipamerkan di Milan, Italia pada 2014 lalu. [Shutterstock]

Suara.com - Shoei Co Ltd, produsen helm yang berbasis di Jepang, siap memasarkan helm pintar berbekal teknologi head-up display atau HUD pada 2020.

Dengan teknologi HUD, helm mampu menayangkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi pada visor helm. Misalnya seperti kecepatan, rpm, fitur konektivitas ke ponsel pintar melalui jaringan Bluetooth bahkan info lalu lintas sampai GPS.

Mengutip Japan Today, hal ini dinilai dapat membantu pengendara tetap fokus mengemudi ketimbang harus melihat layar smartphone yang ditempatkan pada instrumen sepeda motor.

Untuk mengoperasikan helm, Shoei menyematkan dua tombol pada bagian sisi kiri rahang agar dapat dioperasikan dengan tangan kiri. Tombol pertama berfungsi untuk mengendalikan volume suara. Sedangkan tombol kedua memiliki fungsi untuk menerima dan menolak panggilan telepon, memanggil ulang, dan menghidupkan atau mematikan layar HUD.

Dengan bekal yang dimiliki, helm yang diberi nama Shoei IT-HT ini memiliki bobot 1.800 gram dan berat unit HUD sekitar 260 gram (tidak termasuk baterai). Namun ke depannya produsen tengah mempertimbangkan metode untuk menanamkan baterai di helm. Shoei IT-HT dipatok dengan harga mulai dari 120.000 yen atau sekitar Rp 15,2juta.

Sebagai informasi Shoei IT-HT merupakan hasil kolaborasi antara Shoei dengan perusahaan teknologi NS West Inc yang berfokus pada HUD untuk helm sepeda motor. Helm ini sebelumnya sempat dipamerkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2019, di Las Vegas, Amerika Serikat.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini