Jajal Corsa Platinum M5, Seberapa Tangguhkah ?

Simak Corsa Platinum M5 di medan kering dan basah, juga kembangan ban model reverse.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Jajal Corsa Platinum M5, Seberapa Tangguhkah ?
Journalist Max Community melakukan pengetesan ban Corsa M5. Termasuk dalam rombongan ini adalah Suara.com [Dok.Corsa].

Suara.com - PT Multistrada Arah Sarana (MAS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) ban motor Corsa telah meluncirkan Corsa Platinum M5 pada akhir 2018. Melalui sebuah perjalanan singkat bersama Journalist Max Community (JMC), tim Suara.com mendapat kesempatan untuk menjajal ban terbaru khusus Yamaha Nmax ini.

Dengan rute Jakarta - Bogor - Jakarta yang cukup mewakili kondisi jalan sehari-hari, Corsa M5 rupanya cukup mampu diandalkan. Saat melintas di jalan perkotaan, ban terasa begitu mencengkeram saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Hal senada juga dirasakan saat motor berada dalam keadaan menikung. Kemampuan yang ada pada ban membuat rider yang melakukan pengetesan menjadi lebih percaya diri saat berkendara.

Selain itu, compound ban yang empuk juga membuat bantingan motor lebih teredam bila dibandingkan ban bawaan pabrik. Hal ini dirasakan ketika menerabas jalan berlubang dan bergelombang.

Dengan menggunakan ban Corsa Platinum M5 dimensi 120/70-13 dan 150/70-13, medan yang harus dilahap mampu dilalui dengan nyaman. Terlebih ground clearance memang menjadi lebih tinggi.

Corsa M5 perhatikan pola kembangan reverse yang unik [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Corsa Platinum M5, perhatikan pola kembangan reverse yang unik [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Namun menurut tim Suara.com, Corsa Platinum M5 agaknya kurang menggigit ketika melintasi jalan basah. Saat menerabas jalan yang tergenang air, ban mengalami gejala sedikit membuang.

Namun, ditinjau dari segi tampilan, Corsa Platinum M5 memiliki telapak ban yang sporty dan alur pola, kembangan ban, atau pattern yang agresif sehingga memaksimalkan performa dan kenyamanan dalam berkendara.

Dan jangan kaget, arah kembangan ban depan dibuat terbalik dengan putaran roda atau disebut konsep reverse (depan dan belakang berlawanan).

Menurut Corsa, hal ini bertujuan untuk memberi fungsi berbeda antara ban depan dengan ban belakang.

Selain itu, perbedaan ban Corsa Platinum M5 dengan produk lainnya terletak pada kedalaman groove. Yakni 5 mm untuk ban depan, dan 6 mm untuk ban belakang.

Perbedaan lainnya berada pada teknologi yang diterapkan pada M5, yaitu Ecosave, diadaptasi dari Michelin. Menawarkan kompon yang homogen dengan cara memadukan carbon black dan silica untuk menghadirkan ban yang lebih awet (50 persen) tanpa mengurangi daya cengkeram dan performa ban.

Untuk mengakomodasi ragam kebutuhan konsumen, Corsa M5 ditawarkan dengan lima pilihan dimensi:

110/70-13 (depan), Rp 270 ribu
120/70-13 (depan), Rp 325 ribu
130/70-13 (belakang), Rp 350 ribu
140/70-13 (belakang), Rp 390 ribu
150/70-13 (belakang), Rp 420 ribu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini