Yuk, Intip Kerennya Saluran Gas Buang Produk McLaren

McLaren 600LT berdesain top-exit exhaust. Sebuah saluran gas buang yang sungguh mumpuni.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Yuk, Intip Kerennya Saluran Gas Buang Produk McLaren
Sebuah produk McLaren dalam shooting "Hobbs & Shaw" yang disaksikan Suara.com di sekitar St Paul's Cathedral, London. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Nicholas Ingram].

Suara.com - Saluran gas buang alias knalpot termasuk peranti kunci dalam proses pembakaran di mesin, baik  bagi kendaraan roda dua (R2) maupun roda empat (R4). Selain fungsional, secara fisik menjadi bagian dari unsur estetika pula. Tak percaya, coba saja longok model-model knalpot supercars.  Salah satunya yang digarap McLaren.

Dari pabrikan mobil supercars asal Britania Raya ini, melesat McLaren 600LT yang menggunakan desain knalpot mengarah ke atas. Atau dikenal sebagai top-exit exhaust.

Ada sederet kegunaan bisa ditemui dengan tata ruang saluran gas buang seperti yang diterapkan atas McLaren 600LT, seperti dipaparkan oleh Road and Track.

Lewat penjelasan Jason Fenske dalam YouTube Engineering Explained, disebutkan bahwa model saluran gas buang top-exit exhaust memberikan pengaruh terhadap performa tunggangan supercars satu ini.

Dengan desain tanpa banyak pipa, maka gas buang bisa segera terdistribusi dan tidak menumpuk di ruang pembakaran. Dan di sisi lain, karena hanya mengandalkan sedikit jumlah pipa, bobot di bumper belakang pun berkurang sehingga downforce semakin maksimal.

Kemudian, desain top-exit exhaust juga lebih ramah kepada pejalan kaki yang lalu-lalang di pedestrian. Tentu saja, karena gas buang tak disalurkan mengarah langsung kepada mereka.

Seru bukan, menyimak desain unik dari produk-produk McLaren, tak terkecuali McLaren 600LT ini!

Mobimoto.com/Praba Mustika

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini