Canggih, Mobil Bakal Dibekali Teknologi Pelindung Pejalan Kaki

Dengan teknologi pedestrian detector, pejalan kaki bakal lebih aman saat melangkah di trotoar.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Canggih, Mobil Bakal Dibekali Teknologi Pelindung Pejalan Kaki
Ilustrasi pejalan kaki ditabrak kendaraan R4 [Shutterstock].

Suara.com - Dalam rangka mengurangi angka kecelakaan pejalan kaki akibat lengahnya pengemudi, Insurance of Highway Safety (IIHS) dari pemerintah Amerika Serikat belum lama ini memperkenalkan sebuah teknologi canggih. Yaitu melahirkan peranti berupa detektor yang mampu melakukan pengereman otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Manager Pengecekan Keamanan IIHS, David Aylor mengatakan, untuk penerapan teknologi ini pihaknya bakal menjalin kerjasama dengan para manufaktur otomotif.  Mereka akan diminta untuk menyematkan pedestrian detector ke settiap kendaraan roda empat (R4) yang diproduksi. 

Cara kerjanya, tambah David Aylor, pedestrian detector tidak langsung menghentikan laju mobil secara mendadak, karena akan membahayakan pengemudi. Namun dengan cara deselerasi kecepatan.

"Ketika peranti ini sudah berhasil mendeteksi adanya pejalan kaki, kecepatan mobil akan melambat secara otomatis. Sebelum akhirnya benar-benar berhenti," terang David Aylor, seperti dikutip dari CNBC.

Dalam konteks pedestrian detector itu, IIHS menilai bahwa keselamatan pejalan kaki bukan hanya tugas pemerintah melalui upaya peningkatan sarana pedestrian saja. Akan tetapi, pengembang teknologi juga harus turut serta dalam mengembangkan fitur yang mampu memberikan rasa aman bagi pejalan kaki.

Sayangnya, belum dijelaskan berapa besar jumlah kecelakaan yang telah melibatkan para pejalan kaki. Selain itu, IIHS juga belum memberikan informasi kapan teknologi ini mulai bisa digunakan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini