Membedah Motor Mini Tamao Serizawa, Rival Takiya Genji di Crows Zero

Motor milik Tamao Serizawa tersebut bermerek Honda.

Suara.Com
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Membedah Motor Mini Tamao Serizawa, Rival Takiya Genji di Crows Zero
Motor mini Tamao Serizawa

Suara.com - Dalam film Crows Zero yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, sang aktor tokoh utama Takiya Genji memiliki rival bernama Tamao Serizawa yang sering menunggangi motor berbentuk mini mirip dengan Honda Monkey.Motor itu kemudian diketahui sebagai Honda Dax ST70.

Mengulik sejarahnya, sejatinya prototype Honda Monkey menjajah pangsa otomotif dunia sejak tahun 1968 dan beberapa tahun berselang melakukan regenerasi.

Pada awal peluncurannya, motor tersebut mengusung dapur pacu mesin 70 cc dengan 3 percepatan semi-automatic yang mampu memuncratkan tenaga cukup besar. Tak puas dengan satu produk, kemudian dihadirkan seri Honda Dax ST70 yang dikenal sebagai motor Serizawa.

Honda Dax ST70. (pinterest)
Honda Dax ST70. (pinterest)

Sekadar info, di Amerika Serikat Honda Dax dijual dalam dua seri, yakni ST70 dan CT70 K0 yang diperuntukkan untuk medan offroad. Kedua seri tersebut tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda.

Seri ST70 mengusung kapasitas mesin yang lebih besar di banding Honda Monkey pertama, sedangkan CT70 K0 fokus pada sistem dan perlindungan medan offroad. Setelah sukses di pasar Amerika Serikar, Dax kemudian menjajah benua Eropa yang ditandai dengan seri ST50 (kapasitas mesin 50 cc) dan ST70 (kapasitas mesin 70 cc).

Tapi, yang cukup menarik perhatian adalah kemunculan Honda Dax ST70 limited edition 'Lady Dax'. Motor tersebut identik dengan kelir putih dan jok antimainstream bermotif bunga.

The Lady Dax. (gumree)
The Lady Dax. (gumree)

Ingin mendulang kesuksesan lebih, perusahaan Honda kemudian meluncurkan Honda Dax ST90 atau CT90 di Amerika Serikat pada tahun 1972. Motor itu mendapat julukan 'Mighty Dax' karena memiliki ban berukuran 14 inci dan mesin tangguh.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini