Para Pengguna Xpander, Simak Tips Main Audio Keren di Sini

Mitsubishi Xpander, salah satu produk laris small MPV dibekali peranti audio seru. Mari dikulik!

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Para Pengguna Xpander, Simak Tips Main Audio Keren di Sini
Mitsubishi Xpander. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi].

Suara.com - Ingin bepergian bersama Mitsubishi Xpander dengan iringan musik selaras selera serta powerful? Tipsnya adalah memanfaatkan sistem audio dari produk laris di kelas small Multi-Purpose Vehicle (MPV) ini.

Dikutip dari kantor berita Antara, Mitsubishi Xpander memiliki dua jenis head unit, yaitu double din berlayar sentuh 6,2 inci pada varian Ultimate, dan kedua adalah double din tanpa layar sentuh untuk varian Sport, Exceed, dan GLS.

Seluruh head unit tadi telah dilengkapi MP3/CD Player, USB Connector, Radio, dan Aux-In. Sedangkan pada varian Ultimate, fitur audio-nya lebih lengkap, karena dilengkapi DVD Player dan kamera untuk kebutuhan parkir.

Untuk memaksimalkan fitur audio Mitsubishi Xpander, cobalah langkah ini:

Di varian Ultimate terdapat fitur NFC (Near Field Communication) yang bisa dikoneksikan kepada ponsel cerdas, tanpa harus melakukan pairing Bluetooth. Caranya, tempelkan ponsel yang memiliki fitur NFC ke layar head unit, sehingga ponsel terhubung dengan head unit. Fungsinya pun sama seperti Bluetooth, hanya caranya lebih ringkas.

Ada juga fitur voice command yang membuat pengguna bisa melakukan perintah suara ke ponsel dengan menyentuh tombol di lingkar kemudi. Fitur ini juga bisa menerima panggilan telepon tanpa harus memegang ponsel.

"Khusus untuk varian Ultimate, selain Bluetooth, konsumen bisa dengan mudah melakukan koneksi ke ponsel melalui fitur NFC," jelas Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI, Boediarto, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (27/2/2019).

Sementara untuk speaker pada tipe Sport dan Ultimate, Mitsubishi Motors menggunakan enam unit pengeras suara. Empat buah di sisi pintu depan dan belakang, sementara dua unit lagi berfungsi sebagai tweeter yang terletak di pilar A.

Fungsi tweeter ini memberikan kesan seolah-olah suara vokal penyanyi datang dari depan penumpang. Jika tak ada peranti ini, maka suara akan terdengar datang dari bawah.

Sedangkan pengaturan equalizer pada varian Ultimate bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan preset equalizer yang disesuaikan langsung kepada jenis musik yang sedang diputar, antara lain Jazz, Pop, RnB, HipHop, Rock, Electronic, atau Dance.

Kedua, mengatur sendiri preset equalizer sesuai selera. Caranya cukup mudah, tinggal pilih menu Pengaturan di layar Home kemudian masuk ke Pengaturan Suara dan pilih ke EQ. Dan terakhir tekan tombolnya.

Dan terakhir, tak kalah penting adalah hiburan lagu atau luaran suara yang dikehendaki pengguna. Bisa dipilih lagu-lagu dari koleksi ponsel ke port USB dengan menggunakan kabel. Atau manfaatkan koleksi yang ada di flashdisk lewat cara dicolokkan ke port di samping soket power outlet. Pada varian Ultimate posisi port USB berada di head unit, sedangkan untuk varian Sport, Exceed, dan GLS, port USB terletak di sebelah power outlet, di bawah head unit.

Seru bukan, Anda bisa mendatangkan band-band kesayangan secara "langsung" di kabin Mitsubishi Xpander!

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini