Seberapa Irit New Honda Mobilio Diajak Keliling Ibu Kota? Ini Faktanya

Pengujian New Honda Mobilio dilakukan dengan jarak tempuh sekitar 60 km tanpa menyalakan AC.

Suara.Com
Ririn Indriani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Seberapa Irit New Honda Mobilio Diajak Keliling Ibu Kota? Ini Faktanya
New Honda Mobilio saat melakukan pengujian konsumsi bahan bakar mengelilingi Ibu Kota dengan jarak tempuh sekitar 60 km tanpa menyalakan AC, Rabu (27/2/2019). (Foto: Dok. Honda)

Suara.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini mengajak awak media untuk menguji kemampuan dari New Honda Mobilio.

Namun pengujian kali ini bukanlah menjajal performa dari low multy purpose vehicle (LMPV) jagoan Honda tersebut, melainkan pengujian untuk mengukur efisiensi bahan bakar yang ditawarkan.

Dalam hal ini rombongan harus berkendara dari kawasan Cilandak Jakarta Selatan menuju BSD Tangerang, kemudian bertolak ke Pluit dan finish di Ancol, Jakarta Utara.

Dengan jarak tempuh kurang lebih 60 kilometer dan harus melibas kemacetan. New Honda Mobilio yang digunakan tim Suara.com mencatat konsumsi bahan bakar rata-rata 21,6 kilometer per liter berdasarkan hitungan Multi-Information Display (MID) pada mobil.

Namun angka tersebut didapat dengan cara tidak menggunakan AC sepanjang perjalanan. Sedangkan saat menggunakan AC angka rata-rata yang diperoleh adalah 17 kilometer per liter.

Direktur Pemasaran dan After Sales Service PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, mengatakan bahwa Mobilio memang kendaraan fungsional yang ditujukan untuk keluarga dengan penambahan fitur yang semakin baik, serta hemat bahan bakar.

Model Mobilio terbaru memang tidak banyak berubah, namun menawarkan nilai lebih kepada konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk sehari-hari.

Sebagai informasi, New Honda Mobilio mengalami perubahan pada sektor tampilan baik eksterior maupun interiornya. Bila dilihat secara detil, ada beberapa perbedaan dari Mobilio tipe terendah dengan yang tertinggi yaitu varian RS.

Paling kentara adalah pada headunit. Pada New Honda Mobilio tipe S dan E (manual dan CVT) tak banyak perbedaan. Keduanya memiliki tampilan grill, aerokit baru, tambahan list krom di belakang, dan juga velg yang sama.

Hanya saja ubahan di tipe E sedikit lebih banyak yaitu adanya tambahan lampu projektor LED dengan Daytime Running Light (DRL), spoiler di depan, samping, serta belakang, juga headunit 6.2 inchi yang sudah didukung oleh Bluetooth and Hands Free Telephone.

Interior juga nampak sedikit berbeda dengan adanya Two Tone (Black dan Ivory color). Sedangkan pada tipe RS, perubahan terlihat sangat timpang. Mulai dari tampilan depan hingga nuansa interior jauh berbeda.

Pada tipe ini, bagian dashboard benar-benar berubah dengan sentuhan oranye yang membuatnya tambah sporty.

Sentuhan itu juga dapat ditemukan pada keseluruhan kursi mobil. Headunit pun nampak beda pada tipe RS dimana lebih besar dan modern.

Pada Mobilio tipe S dan E, headunit yang digunakan berukuran 6.2 inchi. Sedangkan tipe RS, bagian itu lebih besar menjadi 8 inchi.

Berbicara tampang, tipe RS lebih sporty dengan adanya shark fin antenna dan lampu belakang smoked baru. List krom juga lebih banyak. Seperti biasa, fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) hanya disediakan pada tipe ini. Untuk urusan tenaga, New Honda Mobilio masih menggendong mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghadilkan tenaga 118 PS pada 6.600 RPM.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini