Yuk, Turunkan Tingkat Kebisingan di Kabin Tunggangan R4

Ingin kabin tunggangan R4 kedap suara atau memiliki tingkat kebisingan rendah? Ini tipsnya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Yuk, Turunkan Tingkat Kebisingan di Kabin Tunggangan R4
Pintu kendaraan R4 tengah dipasangi noise insulation foam Dynamat. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Unsur kenyamanan, adalah hal paling didamba saat berada dalam kabin kendaraan roda empat (R4). Bayangkan, saat tengah duduk tenang, tiba-tiba suara knalpot tunggangan sebelah menerpa telinga. Atau klakson dengan nada melengking. Jelas membuat kegiatan berkendara terganggu. Dalam hal ini unsur kekedapan mobil dibutuhkan.

Pada dua produk terbaru Toyota, New Toyota Avanza dan Veloz, kekedapan kabin bisa dijadikan catatan tersendiri. Seperti dikutip dari kantor berita Antara, kedua lansiran PT Toyota Astra Motor (TAM) itu telah mendapatkan peningkatan kekedapan kabin.

Disebutkan bahwa rembesan suara dari luar kendaraan berkurang secara signifikan, sehingga suasana kabin bisa lebih hening. Alhasil, kegiatan menikmati hiburan dalam mobil menjadi lebih seru.

"Kami menurunkan tingkat kebisingan menjadi 47 desibel, sehingga suara dari lalu-lintas di luar tidak terlalu mengganggu," papar Didi Ahadi, Head of Technical Service PT TAM.

Untuk meredam kebisingan ini, PT TAM melapisi bagian rear floor, shift floor, serta panel dasbor dengan peredam.

Dengan demikian, suara yang diproduksi oleh aneka sumber bebunyian dari luar bisa lebih diredam. Kabin pun terasa lebih tenang tanpa terpapar polusi suara.

Penjelasan dari Didi Ahadi tadi bisa dijadikan salah satu wacana, meskipun tunggangan Anda bukanlah New Toyota Avanza maupun Veloz. Yaitu, dengan cara membeli produk after-market atau purna-jual berkait kekedapan suara atau soundproof.

Mengutip dari aquietrefuge.com, lapisi lantai kabin tunggangan Anda dengan material soundproof Dynamat. Tersusun dari insulating foam, kemampuannya adalah menyerap gangguan suara atau noise yang masuk ke kabin mobil. Bahan ini bisa digunakan lebih dari satu lapis, untuk mencapai kadar desibel yang diinginkan.

Untuk memperkuat kinerjanya, di bawah soundproof foam mat, bisa ditambahi lagi dengan reflective insulation.

Selain diaplikasikan ke seluruh permukaan lantai kendaraan, material pelapis berbahan Dynamat serta reflective insulation ini bisa dipasang ke setiap pintu kendaraan. Serta bagian atap atau langit-langit kabin.

Kini, kegiatan berkendara pun menjadi lebih menyenangkan, karena tak ada kebisingan suara berlebih yang mampu menerobos masuk kabin mobil Anda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini