Menteri ini Mesti Setor Muka karena Pakai Mobil Usang

Menteri Orde Baru, Mar'ie Muhammad pernah ditolak masuk Istana gara-gara Kijang usang.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Menteri ini Mesti Setor Muka karena Pakai Mobil Usang
Toyota Kijang lama, sebagai ilustrasi [Toyota Astra].

Suara.com - Di masa pemerintahan Orde Baru, Mar'ie Muhammad yang menjabat sebagai Menteri Keuangan beroleh julukan Mr. Clean. Dikenal tegas, berani, dan jujur. Contohnya saat menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak mengeluarkan kebijakan yang cukup kontroversial. Yaitu menghitung pajak Presiden Soeharto secara langsung.

Wafat tiga tahun silam (11/12/2016) dalam usia 77 tahun, Pak Mar'ie, demikian ia disapa akrab oleh jurnalis, meninggalkan beragam kisah kesederhanaan. Termasuk di dunia otomotif.

Disimak dari kanal YouTube Kemenkeu RI yang membagi film dokumenter bertajuk "Mar'ie Muhammad bersama Fathia Izzati" pada 16 September 2018, kita bisa mengenal ataupun mengenang kembali sosoknya yang tidak neko-neko.

Sebutlah besutan pribadinya. Rahmasari Muhammad, putri mendiang, berkisah tentang penganugerahan penghargaan Bintang Maha Putra di Istana Negara.

"Waktu itu beliau menggunakan mobil Kijang zaman dulu, yang jadul. Beliau hampir ditolak masuk ke istana. Karena mobilnya terlalu jelek mungkin, ya?"

"Sampai akhirnya dia buka pintu dan menunjukkan mukanya lalu dia bilang, "Saya Mar'ie Muhammad, saya mau terima penghargaan", lalu satpamnya bilang "Oh iya Pak, silakan"," kenang Rahmasari Muhammad.

Menteri Keuangan Orde Baru, Mar'ie Muhammad [YouTube: Kemenkeu RI].
Menteri Keuangan Orde Baru, Mar'ie Muhammad [YouTube: Kemenkeu RI].

Toyota Kijang sendiri adalah kependekan dari kata "Kerja sama Indonesia - Jepang" yang dikenalkan perdana pada 1977. Dikerjakan secara assembling di pabrik Toyota Sunter, Jakarta Utara, dan dipasarkan ke Filipina, Indonesia, sampai Papua Nugini. Dikenal sebagai generasi pertama Kijang atau F10.

Generasi Kijang kedua atau F20/F30 diproduksi pada 1981 - 1986. Sedangkan generasi ketiga adalah F40/F50 yang dibuat pada 1986 - 1996.

Bila menilik masa jabatan Pak Mar'ie sebagai Menkeu pada 1993 - 1998, maka kemungkinan beliau menggunakan Kijang generasi ketiga.

Mobimoto.com/Husna Rahmayunita

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini