Geneva Motor Show 2019: Jaguar I-Pace Raih European CotY 2019

Menang dengan seru setelah voting ulang untuk CotY 2019, kemenangan Jaguar I-Pace diumumkan via Geneva Motor Show 2019.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Geneva Motor Show 2019: Jaguar I-Pace Raih European CotY 2019
Ian Callum, Direktur Desain Jaguar berpose paska kemenangan jaguar I-Pace dalam Geneva International Motor Show 2019. Ada 58 tunggangan dinilai oleh jurnalis dari 22 negara Eropa [AFP/Fabrice Coffrini].

Suara.com - Lewat ajang bergengsi Geneva Motor Show 2019, Jaguar I-Pace beraih penghargaan European Car of the Year atau CotY 2019 dengan cara seru, yaitu voting ulang. Tunggangan kategori Sport Utility Sport (SUV) asal Britania Raya ini bersaing ketat dengan Renault Alpine. Demikian dikutip dari The Independent.

Dari 58 juri yang berprofesi sebagai jurnalis di Eropa, diputuskan pilihan secara voting, perolehan nilai keduanya sempat berimbang. Suatu hal yang pertama kali terjadi sejak CotY Awards digelar perdana pada 1964. Lewat penghitungan ulang, akhirnya Jaguar keluar menjadi yang pertama, dengan 18 suara, disusul Renault Alpine yang meraih 16 suara.

Ian Callum, Direktur Desainer Jaguar tak bisa menyembunyikan kebanggaannya dalam acara sebelum peresmian Geneva Motor Show 2019. Ini adalah kemenangan perdana dalam CotY Awards kurun 55 tahun.

"Terima kasih kepada para juri yang sudi bersusah payah untuk memenangkan tunggangan berbaterai listrik sebagai juara," papar Ian Callum.

"Ini adalah soal masa depan, sebuah Jaguar dengan citarasa baru dari platform yang sama sekali baru, sekaligus tunggangan paling menarik yang pernah saya kerjakan," tandasnya, setelah ketua dewan juri CotY Awards 2019, Frank Janssen menyerahkan piala.

Kemenangan ini sekaligus memberikan dorongan semangat bagi Jaguar Land Rover yang tengah dirundung sedih akibat terjadinya pemutusan hubungan kerja dengan para karyawan karena penjualan buruk dari model bermesin konvensional.

Dan di sisi lain, kemenangan sebuah tunggangan listrik juga memberikan keyakinan kepada Jaguar Land Rover bahwa kendaraan listrik memang akan berperan besar di masa akan datang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini