Mitsubishi Xpander Belum Sekuat Toyota Avanza di Kelas LMPV

Toyota Avanza serta Mitsubishi Xpander, manakah peraih wholesales LMPV terbaik?

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mitsubishi Xpander Belum Sekuat Toyota Avanza di Kelas LMPV
Sejumlah pengunjung memperhatikan mobil di Pameran GIIAS, ICE BSD, Tangerang. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - Persaingan ketat di segmen Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) membuat para produsen berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Namun yang terkini, persaingan mengerucut menjadi milik Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander sebagai dua LMPV paling laris.

Meski begitu, kesuksesan Mitsubishi Xpander rupanya dinilai belum sepadan dengan Avanza bahkan model lainnya, seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Honda Mobilio, yang pernah dilempar ke pasar tanpa label harga baru [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Honda Mobilio, yang pernah dilempar ke pasar tanpa label harga baru [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Data wholesales (pabrikan ke diler) bulan per bulan menunjukkan bahwa Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga pernah membukukan angka maksimum sebesar 10 - 11 ribu per bulan pada 2013 dan 2014, sedangkan angka wholesales per bulan maksimum Mitsubishi Xpander hanya di level 7 ribu," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui pesan singkat kepada Suara.com, baru-baru ini.

Sedangkan Toyota Avanza, tambah Fransiscus Soerjopranoto pernah mencapai angka wholesales per bulan maksimum 21 ribu pada Juli 2013.

"Jadi Mitsubishi Xpander belum sekuat Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga sebagai pesaing Avanza," tuturnya.

Persaingan Toyota New Avanza dan Mitsubishi Xpander pada tahun ini diprediksi bakal makin seru. Kedua model itu telah bersaing, khususnya tahun lalu dan Toyota Avanza masih mampu bertahan sebagai model terlaris nasional, unggul tipis atas Mitsubishi Xpander.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat, bahwa Toyota Avanza masih bercokol sebagai model terlaris dengan perolehan 82.167 unit, atau meraih pangsa sebesar 7,1 persen dari total pasar nasional 2018. Toyota Avanza telah lama menjadi model terlaris, dan kini menghadapi tantangan serius.

Mitsubishi Xpander sebagai pendatang baru mampu fenomenal dengan menguntit pada posisi kedua yakni sebanyak 75.075 unit dan meraih 6,5 persen pangsa pasar otomotif nasional. Desain yang sporty dengan sokongan mesin 1.5 cc menjadi salah satu nilai jual Xpander.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini