Modal Lima Mesin Jet, Startup Kembangkan Sepeda Motor Terbang

Sepeda motor terbang ini menggunakan lima mesin jet, bisa terbang dan mendarat vertikal.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Modal Lima Mesin Jet, Startup Kembangkan Sepeda Motor Terbang
Motor terbang buatan Zhao Deli. Sebagai ilustrasi [Twitter/@globaltimesnews].

Suara.com - Jetpack Aviation, sebuah perusahaan rintisan atau startup yang berbasis di California, Amerika Serikat menghadirkan inovasi yang tidak biasa. Pasalnya, mereka bertekad mengembangkan produk sepeda motor terbang hasil modifikasi, yang diberi julukan Speeder.

Untuk mengoperasikan motor tadi, Jetpack Aviation menggunakan lima mesin jet yang sudah dimodifikasi. Dengan bekal ini, motor dinyatakan mampu mencapai kecepatan sekitar 240 km per jam. Sedangkan ketinggian jelajah mencapai 4.572 m, dengan jangkauan mencapai 72 km.

David Mayman, Chief Executive Officer (CEO) Jetpack Aviation menyatakan bahwa Speeder adalah kendaraan langsung take-off atau lepas landas berdesain keren lagi luks, sekaligus tampak futuristik.

Mesin jet skala mini buatan Jepang. Sebagai ilustrasi [Shitterstock].
Mesin jet skala mini buatan Jepang. Sebagai ilustrasi [Shitterstock].

"Ini adalah mesin kompak, seperti sepeda motor yang mampu lepas landas secara vertikal dari halaman depan rumah Anda, dan mendarat di sisi lain kota dalam posisi sama," ujar David Mayman, seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (16/3/2019).

Pengembangan "sepeda motor terbang" memang terdengar tidak masuk akal. Pasalnya, sampai saat ini produsen sepeda motor dunia pun belum ada yang mengembangkannya.

Namun Jetpack Aviation mengatakan bahwa mereka sejauh ini sudah menguji prototipe ketiga dari Speeder. Mereka berencana untuk membuat setidaknya 20 unit sebagai tahap awal dengan tujuan bisa dikirim kepada pelanggan mulai tahun depan.

Terkait harga, Speeder dipatok dengan harga 380 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 5,4 miliar. Dan bagi yang tertarik, uang muka untuk pemesanan adalah sebesar sekitar Rp 142 juta.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini