Perhatian: Toyota Berencana Pasarkan Ertiga Sebagai Mobil Premium!

Suzuki dan Toyota menjalin kerja sama skala global, Ertiga siap-siap bercitarasa Toyota.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perhatian: Toyota Berencana Pasarkan Ertiga Sebagai Mobil Premium!
Haluan nan sangar dari All New Suzuki Ertiga Sport. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Toyota dan Suzuki telah cukup lama menjalin kerja sama dalam tingkatan global. Melalui koridor ini, Toyota berniat untuk memasarkan All New Ertiga sebagai sebuah kendaraan premium.

Hanya, kelasnya akan berada di bawah Toyota Innova yang selama ini masih menjadi andalan perusahaan berlogo tiga lingkaran ellips itu. Mengutip Rushlane, Toyota akan memposisikan Ertiga sebagai tunggangan Multi-Purpose Vehicle (MPV) premium dengan beberapa fitur tambahan.

Sayangnya, Toyota belum bersedia menjelaskan fitur apa saja yang akan disematkan ke produk lansiran Suzuki itu.

Rencana Toyota untuk memasarkan Suzuki Ertiga tentunya menjadi salah satu strategi di tengah sengitnya persaingan segmen MPV. Perusahaan asal Negeri Matahari Terbit itu memanfaatkan kerja sama yang telah dibangun dengan Maruti Suzuki di India. Salah satu buktinya adalah pertukaran model kendaraan, dan dilakukan untuk saling menguntungkan kedua belah pihak.

Kemudian bagaimana dengan Toyota dan Suzuki di Indonesia?

Mendengar kabar ini, Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku belum ada pembicaraan dari prinsipal perihal kerja sama bersama Toyota.

"Belum ada. Namun kami tinggal mengikuti. Yang penting, bagi kami selaku pihak pabrikan adalah menerapkan cara supaya pabrik tetap maksimal," kata Setiawan Surya.

Presiden Toyota Motor Akio Toyoda dengan Ketua Suzuki Motor Osamu Suzuki saat jumpa pers, beberapa waktu lalu. [AFP]
Presiden Toyota Motor Akio Toyoda dengan Ketua Suzuki Motor Osamu Suzuki saat jumpa pers, beberapa waktu lalu [AFP]

Untuk pasar Indonesia sendiri, Toyota dan Suzuki bersaing ketat di segmen MPV melalui produk Toyota Avanza serta Suzuki Ertiga. Namun sampai kini, Toyota Avanza masih memimpin segmen mobil keluarga ini.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini