Yamaha Ingin India Jadi Basis Produksi Terbesar Lampaui Indonesia?

Inilah penilaian atas dua negara produsen yang terdepan dibandingkan India. Siapa sajakah?

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Yamaha Ingin India Jadi Basis Produksi Terbesar Lampaui Indonesia?
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (kanan) dan Maverick Vinales, memperkenalkan dua produk baru Yamaha, MT-15 dan New MX-King, di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Senin (4/2/2019). Sebagai ilustrasi produk massal Yamaha [Suara.com/Arief Apriadi].

Suara.com - Yamaha berencana untuk meluncurkan lebih banyak sepeda motor premium di India dan menjadikan negara ini sebagai basis produksi terbesar di dunia pada 2024. Demikian disampaikan oleh Pimpinan Yamaha Motor India, Motofumi Shitara, seperti dikutip dari Gaadiwaadi pada Kamis (28/3/2019).

"Pasar Indonesia dan Vietnam saat ini berada di depan India. Akan tetapi kedua pasar ini telah mencapai kejenuhan, sehingga Yamaha tidak bisa mengharapkan banyak pertumbuhan di masa depan," klaim Motofumi Shitara.

Yamaha MX-King 150 yang meluncur pada Senin (4/2/2019) [Suara.com/Arief Apriadi].
Yamaha MX-King 150 yang meluncur pada Senin (4/2/2019). Sebagai ilustrasi [Suara.com/Arief Apriadi].

Sementara di sisi lain, ia menyatakan bahwa pasar India tumbuh pada tingkat yang baik berkat meningkatnya populasi. Untuk itu, produsen otomotif berlogo garpu tala ini mentargetkan mampu memproduksi 2,5 juta unit kendaraan di negeri dengan tengara Taj Mahal itu dalam lima tahun ke depan. Dan saat ini, Yamaha India sudah mampu memproduksi sebanyak 1,7 juta unit untuk mengisi pasar domestik dan ekspor.

Selain itu, Motofumi Shitara juga mengungkapkan bahwa Yamaha bakal lebih banyak meluncurkan sepeda motor premium di India.

"Revolusi besar berikutnya adalah tibanya era non minyak bumi, dan kami telah memulai studi untuk memperkenalkan kendaraan listrik di India," tukasnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini