Terungkap! Fakta Goyang Mobil saat Isi Bensin

Tidak sedikit Anda melihat apa yang dilakukan salah seorang pengendara satu ini saat melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.

Suara.Com
Dythia Novianty
Terungkap! Fakta Goyang Mobil saat Isi Bensin
Fenomena goyang mobil saat isi bensin. [Instagram]

Suara.com - Tidak sedikit Anda melihat apa yang dilakukan salah seorang pengendara satu ini saat melakukan pengisian bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Tradisi goyang mobil atau tangki motor saat proses pengisian bahan bakar.

Sebuah video yang diposting @luckyhadisaputra dibagikan ke akun Instagram @gojek24jam, memperlihatkan seorang lelaki menggerakkan bagian belakang mobil saat seorang petugas mengisi tangki bahan bakar. Lelaki yang tidak diketahui namanya itu beberapa kali menggoyangkan bagian belakang mobil tanpa memperdulikan pandangan orang sekitar.

Pasalnya, selama ini banyak yang beranggapan jika menggoyangkan mobil saat isi bensin bisa membuat tangki lebih cepat terisi penuh karena uap udara bisa keluar. Namun, sebuah fakta terungkap.

Fenomena goyang mobil saat isi bensin. [Instagram]
Fenomena goyang mobil saat isi bensin. [Instagram]

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata pengendara tidak perlu menggoyangkan mobil saat isi bensin. Sebab, udara dalam tangki sudah secara otomatis langsung keluar saat nozzle diangkat dari lubang tangki, apalagi kendaraan zaman sekarang sudah mengusung teknologi canggih.

Kapasitas bensin tidak akan berkurang karena uap udara. Selain itu, menggoyang-goyang tangki bensin bisa membahayakan dan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Saat ujung nozzle bertemu dengan ujung tangki, berarti dua titik yang berbeda muatan bertemu dan bisa menimbulkan percikan api.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini