Kuartal Pertama 2019, Penjualan GM dan FCA Turun

Penurunan penjualan terjadi pada pabrikan Amerika Serikat, FCA dan GM, dengan rentang tiga sampai tujuh persen.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Kuartal Pertama 2019, Penjualan GM dan FCA Turun
Markas General Motors di Detroit, Amerika Serikat [Shutterstock].

Suara.com - Dua perusahaan otomotif Amerika Serikat, yaitu Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan General Motors (GM) menyatakan bahwa penjualan produksi mereka mengalami penurunan pada kuartal pertama 2019.

Dikutip dari kantor berita Antara pada Rabu (3/4/2019), Fiat Chrysler Automobiles yang merupakan perusahaan patungan antara Italia dan Amerika Serikat melaporkan penurunan tiga persen dalam penjualan mobil di Amerika Serikat pada kuartal pertama 2019.

Sedangkan General Motors sebagai raksasa otomotif Negeri Paman Sam mengalami penurunan tujuh persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018.

Laporan dari Fiat Chrysler Automobiles, penurunan terbesar terjadi pada merek Jeep, yang mencapai tujuh persen. Kemudian merek Dodge, yaitu sebesar enam persen. Akan tetapi di sisi lain, merek Ram mengalami lonjakan sebesar 21 persen, meski gagal untuk meningkatkan penjualan secara keseluruhan pada kuartal pertama. Total penjualan yang dicapai merek ini adalah 498.425 unit, sedangkan pada periode sama pada 2018 hasil yang dicapai sebanyak 514.769 unit.

Ilustrasi mobil Jeep Cherokee bikinan Fiat Chrysler (Shutterstock/Darren Brode).
Jeep Cherokee buatan Fiat Chrysler [Shutterstock].

Meski demikian, Reid Bigland, Kepala Penjualan FCA Amerika Serikat menyatakan optimisme bahwa produk-produknya bakal mendongkrak penjualan perusahaan secara keseluruhan.

"Penjualan merek Ram dan harga penjualan rata-rata kami terus mnguat, sementara Jeep Gladiator pikap kami yang sangat dinanti-nantikan konsumen sudah siap melakukan debutnya di pasar bulan ini," demikian papar Reid Bigland.

Kemudian dari pihak General Motors, dilaporan bahwa penjualan mobil kuartal pertama 2019 mencapai 665.840 unit, atau turun dari pencapaian sebesar 715.794 unit dibandingkan periode yang sama pada 2018. Dan paling besar penurunan didapatkan dari Chevrolet dengan pencapaian sebesar 452.401 unit atau turun sebesar 7,8 persen dibandingkan kuartal pertama 2018.

"Namun kami optimistis pada penjualan pikap serta dan berharap untuk mendapatkan momentum penjualan sepanjang tahun," ujar Kurt McNeil, Wakil Presiden Direktur Penjualan General Motors Amerika Serikat.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini