Garis Horizontal di Kaca Belakang Mobil, Ternyata Ini Fungsinya

Masih banyak pemilik mobil yang belum tahu apa fungsi garis horizontal di kaca belakang mobil.

Suara.Com
Ririn Indriani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Garis Horizontal di Kaca Belakang Mobil, Ternyata Ini Fungsinya
Garis horizontal di kaca belakang mobil ternyata berfungsi untuk menangkal embun terutama ketika turun hujan dan AC tetap menyala. (Shutterstock)

Suara.com - Masih banyak pemilik mobil yang belum tahu fitur yang tersedia di mobil keluaran terbaru. Salah satunya adalah garis horizontal yang terdapat di kaca belakang mobil (defogger).

Lalu apa sebenarnya fungsi dari defogger. Menurut Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, fitur tersebut berfungsi untuk menangkal embun terutama ketika turun hujan dan AC tetap menyala.

"Jadi pengemudi tetap bisa melihat pandangan ke luar. Karena defogger bisa menghilangkan embun," kata Deni, dikutip dari laman Auto2000.

Lebih lanjut, Deni menjelaskan, proses terjadinya pengembunan pada kaca karena adanya perbedaan suhu antara di dalam kabin dan di lingkungan sekitar mobil.

Jadi dengan adanya defogger, permukaan kaca menjadi panas, sehingga tidak akan timbul embun dan pengendara tetap bisa melihat jalan ke depan atau ke belakang dengan jelas.

Namun Deni mengingatkan, fitur tersebut juga sewaktu-waktu bisa rusak. Oleh sebab itu menurut Deni tidak ada salahnya ketika melakukan servis berkala minta kepada teknisi untuk melakukan pengecekan.

"Khawatir tidak berfungsi, sehingga perlu di cek setiap 20.000 km atau selebihnya, untuk memastikan masih berfungsi secara normal," tutup Deni.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini