Warga di sekitar Pabrik Akui Produsen Mobil Esemka Aktif Beroperasi

Jika akan meliput tunggu saja saat acara peresmian nanti, kata seorang petugas keamanan di PT Esemka, Boyolali ketika sejumlah wartawan meminta izin untuk masuk.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Warga di sekitar Pabrik Akui Produsen Mobil Esemka Aktif Beroperasi
Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (22/10). [ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho]

Suara.com - PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Desa Demangan Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, masih aktif beroperasi, demikian dikatakan warga di sekitar pabrik perusahaan tersebut.

Berdasarkan pantauan Antara dari luar pabrik, Sabtu (6/4/2019), banyak sepeda motor milik karyawan sedang parkir di halaman sisi barat pabrik, meski pun pintu utama fasilitas itu tertutup rapat.

Sejumlah petugas satpam pabrik PT Esemka juga terlihat berjaga-jaga di pos, dekat pintu masuk gedung perusahaan tersebut.

Selain itu, di pabrik PT Esemka yang memproduksi mobil-mobil tersebut, juga tampak sedang membangun bangunan baru di bagian belakang.

Sejumlah wartawan berkali-kali minta izin kepada satpam ingin meliput bagian dalam fasilitas tersebut. Tetapi sayang tak permintaan mereka tak dikabulkan.

Tetapi satpam tersebut mengatakan bahwa PT Esemka di Boyolali itu akan segera diresmikan.

"Jika akan meliput tunggu saja saat acara peresmian nanti," kata sang petugas keamanan yang tak mau namanya dikutip.

Sementara menurut Yanti (45), salah satu warga Desa Demangan yang rumahnya tidak jauh dari pabrik, mengatakan pabrik PT Esemka terus berproduksi mobil-mobil. Tetapi ada kemungkinan Sabtu ini, sedang libur, sehingga tidak banyak aktivitas di dalam pabrik.

Menurut dia, PT Esemka memang terus melakukan pengembangan pabrik dan terlihat dari luar sedang membangun sebuah gedung di bagian belakang pabrik.

"Namun, saya tidak tahu gedung yang baru dibangun itu, untuk apa," kata Yanti.

Kusno warga setempat lainnya, menjelaskan, di PT Esemka Boyolali itu ada aktivitas. Sejumlah karyawan bekerja di sana, baik sebagai pekerja pabrik maupun kuli bangunan.

"Saya melihat aktivitas pabrik, pada Jumat (5/4/2019). Sejumlah orang bekerja sedang mengecat atau membersikan tulisan PT Esemka yang menempel di dinding tembok pagar dan pabrik," katanya.

Namun, kata dia, tidak tahu apakah hanya bekerja rutin untuk pemeliharaan atau untuk persiapan rencana acara peresmian pabrik.

"Kami melihat yang jelas PT Esemka ada aktivitas dalam pabrik proses produksi," tutup dia.

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini