Tiga Pabrikan Bentuk Konsorsium Percepat Aturan Kendaraan Swakemudi

Toyota, General Motors, dan Ford susun standar R4 swakemudi untuk diajukan kepada pemerintah Amerika Serikat.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tiga Pabrikan Bentuk Konsorsium Percepat Aturan Kendaraan Swakemudi
Ilustrasi mobil swakemudi [Shutterstock].

Suara.com - Tiga pabrikan otomotif, yakni General Motors, Ford, dan Toyota sepakat membentuk konsorsium untuk menyusun standar kendaraan roda empat (R4) swakemudi yang rencananya akan diajukan kepada pemerintah Amerika Serikat. Hasilnya diharapkan bisa menjadi rujukan dari pemerintah dalam menyusun kebijakan mobil swakemudi.

"Hal ini untuk mempercepat pengembangan standar yang mampu mengarah pada pembuatan peraturan," ujar Randy Visintainer, Pimpinan Teknologi Kendaraan Otonom Ford, seperti dikutip dari Reuters (8/4/2019).

Melalui pernyataan bersama itu, General Motors, Ford, dan Toyota juga mengumumkan bila ketiganya bergabung dengan Society of Automotive Engineers (SAE) International. Sehingga pengajuan rujukan diklaim akan benar-benar sesuai standar.

Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat. [Shutterstock]
Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Sebelumnya pada 2018, anggota parlemen Amerika Serikat belum mau mengesahkan undang-undang terkait mobil swakemudi dengan beberapa pertimbangan. Kendati demikian, pengajuan tetap bisa dilakukan pada akhir 2019.

Sebelum memberikan rujukan undang-undang, konsorsium mesti menentukan skala prioritas dari mobil swakemudi. Di antaranya pedoman pengujian kendaraan, sistem interaksi mobil dengan pengguna jalan, dan sistem berbagi data lainnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini