Solusi Pendingin Udara di Bus Kecil Ini Manjur Betul

Alih-alih pasang air conditioning atau AC, bus kecil di Jawa Tengah ini pede dengan model lain.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Solusi Pendingin Udara di Bus Kecil Ini Manjur Betul
Mini bus tengah beroperasi di kawasan wisata Chiang Mai, Thailand. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Bus mikro atau bus kecil alias bus mini banyak menjangkau daerah-daerah yang sulit ditempuh dengan bus besar. Terasa lebih praktis, karena tak harus mengangkut penumpang dalam jumlah banyak. Dengan cepat diangkut, mobilitas dan durasi bisa semakin sering pula.

Tak terkecuali di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebagai catatan, Banjar (begitu nama panggilannya), adalah kawasan yang bertetangga dengan Wonosobo, dan "berbagi" lokasi dengan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Salah satu lokasi favorit pelesiran genre alam bebas dan pegunungan.

Nah, di Kabupaten Banjarnegara bus-bus kecil masih beroperasi. Biasanya, untuk urusan embusan angin, atau udara dingin, hanya mengandalkan AB saja, alias Angin mBrobos alias angin lewat yang datangnya melalui jendela saat dibuka.

AC rumah di mini bus Kabupaten Banjarnegara [Facebook Ari Nugraha].
AC rumah di mini bus Kabupaten Banjarnegara [Facebook:  Ari Nugraha].

Namun ada juga kreativitas dari pemilik bus atau kru, yang membuat kabinnya bakal dingin maksimal, sekaligus tampak lain dariapda yang lain.

Yaitu ... memasang air conditioning atau AC untuk kebutuhan rumah tangga. Dan tak cuma satu, melainkan dua sekaligus!

Keunikan ini disimak oleh pemilik akun Facebook Ari Nugraha dan diunggah ke lamannya. Di Kabupaten Banjarnegara, terdapat bus mikro warna hijau dengan nomor polisi R 1210 HD ini yang aktif beroperasi.

Kira-kira bagaimanakah suhunya? Sepertinya manjur, mengingat ada dua unit untuk kabin yang dimensinya lebih kecil dari kamar tidur atau ruang tamu. Dan kok susah-susah, ya, bukannya daerah operasionalnya tak jauh dari Dataran Tinggi Dieng, yang udaranya pasti dingin mantul atau mantap betul?

Mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini