Menarik, Nissan Navara Digarap di Afrika Selatan

Produksi ini siap serap tenaga kerja lokal Afrika Selatan, dan segarkan kelesuan ekonominya.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Menarik, Nissan Navara Digarap di Afrika Selatan
Nissan Navara saat berpetualang di Gurun Sahara [Nissan Motor Indonesia].

Suara.com - Apakah alam Afrika yang sangat advonturir termasuk lanskap bergurun dan memiliki banyak taman nasional mendasari larisnya produk otomotif tertentu? Bisa jadi. Beberapa  produk seru untuk diandalkan di sini adalah jenis-jenis  off-road. Di antaranya adalah truk pikap dan double cabin. Dan potensi ini rupanya disimak oleh Nissan yang siap memproduksi model Nissan Navara di Afrika Selatan.

Dikutip dari kantor berita Antara (12/4/2019), Nissan saat ini telah menyiapkan investasi sebesar 213 juta dolar Amerika Serikat untuk meluncurkan Nissan Navara di Benua Afrika.

"Hari ini, kami mengumumkan bahwa pabrik Nissan South Africa di Rosslyn, akan membangun seluruh jajaran model Nissan Navara baik untuk lokal maupun ekspor atau pasar,” papar Mike Whitfield, Direktur Pelaksana Nissan Afrika Selatan, seperti dikutip dari Reuters, pada Kamis (11/4/2019).

Cyril Ramaphosa, Presiden Afrika Selatan, yang menghadiri acara seremoni ini mendukung investasi Nissan, untuk membentuk kepercayaan masyarakat di tengah-tengah perekonomian negara yang lesu.

Presiden Republik Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berbicara dalam Nelson Mandela Peace Summit di sidang Sidang Umum Majelis Umum ke-71 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York (24/9/2018) [Shutterstock].
Presiden Republik Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berbicara dalam Nelson Mandela Peace Summit di sidang Sidang Umum Majelis Umum ke-71 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York (24/9/2018) [Shutterstock].

Disebutkan pula oleh Cyril Ramaphosa bahwa investasi Nissan menjadi penanda sejarah bahwa Afrika Selatan telah dipercaya untuk memproduksi model global.

Seperti banyak pabrikan kendaraan roda empat (R4) global, Nissan tidak memiliki produksi signifikan di Afrika Selatan (pasar paling penting di benua Afrika). Namun perusahaan asal Jepang, serta para kompetitornya berharap akan munculnya perubahan lewat kehadiran pabrik-pabrik otomotif di Nigeria, Ghana, serta Kenya.

Mike Whitfield, menyatakan bahwa dengan rencana itu kapasitas pabrik Rosslyn di dekat Pretoria, Afrika Selatan akan meningkat sebesar 30 ribu unit pada tahap pertama. Dengan demikian, bakal tercipta lapangan kerja baru lewat penambahan tenaga kerja sebanyak 400 orang.

Rencananya, Nissan Afrika Selatan akan memasok model Nissan Navara untuk pasar domestik dan regional di Afrika, serta peluang ekspor secara global.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini