Ingin Motor Lebih Irit Bahan Bakar? Coba 5 Tips Seru Ini!

Memiliki kendaraan R2 yang irit pasti menyenangkan. Kondisi itu bisa disetting dengan cara begini.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Ingin Motor Lebih Irit Bahan Bakar? Coba 5 Tips Seru Ini!
Menggeber motor jenis sport di jalan raya Chiangmai, Thailand. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Suara.com - Menjadikan kendaraan roda dua (R2) sebagai tunggangan sehari-hari membutuhkan langkah-langkah tertentu agar lebih ekonomis. Artinya enak digeber tanpa takut terlalu "rakus" menenggak bahan bakar.

Beberapa trik yang dilakukan adalah mengarahkan si motor ke bengkel andalan untuk disetel agar pasokan bahan bakarnya tak berlebih. Namun, tanpa menggunakan upaya ini, masih ada langkah sederhana agar R2 kesayangan tak menguras isi dompet untuk urusan isi bensin.

Berikut ini adalah lima (5) tips untuk membantu menghemat bahan bakar si kuda besi kesayangan, yang dibagikan Suzuki Indonesia. Lengkapnya begini:

1. Cara membawa motor alias mengajaknya mengaspal

Cara berkendara, tak cuma soal posisi nyaman, namun harus bisa mengendalikan kecepatan motor secara lebih stabil, agar bahan bakar juga lebih awet.

Ilustrasi ban motor. [Shutterstock]
Ilustrasi ban motor. [Shutterstock]

2. Cek tekanan ban

Tekanan ban ikut mempengaruhi konsumsi bahan bakar sepeda motor. Bila tekanan angin pada ban kurang, maka laju motor akan lebih berat sehingga butuh ekstra tenaga, yang berarti ekstra bahan bakar pula.

Ilustrasi pelumas sepeda motor. [Shutterstock]
Ilustrasi pelumas sepeda motor. [Shutterstock]

3. Perhatikan kualitas pelumas

Jangan kompromi soal kualitas pelumas atau oli motor. Bila menggunakan kualitas pelumas yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi motor, gesekan di dapur pacu bakal lebih mulus, dan suhu mesin lebih terjaga. Hasil akhirnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

4. Periksa kondisi busi
Jangan malas untuk periksa kualitas busi yang dipakai. Siapa tahu sudah berumur dan harus diganti dengan yang baru. Busi yang bermasalah bisa menjadi sumber borosnya bahan bakar motor.

5. Tahu lebih soal motor milik sendiri
Gunakan panduan buku manual serta catatan berkala setiap kali melakukan servis. Sehingga R2 kesayangan selalu terpantau kondisinya. Hal ini penting, karena ketidakberesan jeroan motor membuatnya perlu pasokan bahan bakar lebih banyak.

Mobimoto.com/Praba Mustika

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini