Ditemukan: Teknologi Anti-Maling untuk Ford Fiesta dan Focus

Teknologi yang dikembangkan Ford adalah sensor gerak pada key fob.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani
Ditemukan: Teknologi Anti-Maling untuk Ford Fiesta dan Focus
Logo Ford [Shutterstock].

Suara.com - Kesal pada ulah para peretas yang berkeliaran membawa "perangkat kerja" berupa boks relay pengirim sinyal palsu sehingga pintu kendaraan roda empat (R4) bisa "dibujuk" untuk terbuka?

Dikutip dari Motoring Research, Inggris, kejadian boks relay palsu ini memang membuat gerah pemilik kendaraan R4 dengan sistem keyless. Bayangkan saja, secara ilegal (namanya juga maling), para pelaku kriminal otomotif  menciptakan "kotak cerdas" untuk memperpanjang jejalur sinyal dari key fob yang disimpan dalam rumah, sehingga bisa membawa kabur tunggangan tanpa kesulitan.

Ford kini mengembangkan teknologi dengan sensor gerak yang ditanam dalam key fob. Bila kunci tak digunakan selama 40 detik, maka tunggangan yang diparkir di garasi atau luar rumah akan berada dalam kondisi "sleep mode". Hasil akhirnya, kendaraan pun tak bakal merespon sinyal yang dioperasikan para maling.

Ilustrasi Ford Fiesta 2016. [Shutterstock]
Ford Fiesta. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Temuan Ford berjuluk keyless theft-proof fob tadi telah diungkapkan pekan ini (15/4/2019) dalam BBC One Show. Dikatakan bahwa dengan temuan fitur "sleep mode" pada key fob artinya sistem keyless yang diterapkan pada produk-produknya menjadi lebih mantap karena telah ada  upgrade pengamanan.

"Ketersediaan peranti perpanjangan sinyal untuk kendaraan yang dijual bebas secara online telah menjadi permasalahan bagi Ford, di mana kami dituntut untuk terus bertempur melawan pelaku tindak kriminal," papar Simon Hurr, pakar peranti pengamanan Ford.

Sehingga temuan sederhana namun mampu memberikan solusi efektif berjuluk keyless theft-proof fob membuat pihak Ford bangga. Di satu pihak membuktikan bahwa mereka memiliki cara untuk mengatasi tindak kriminal, dan di sisi lain mampu memberikan perlindungan terhadap para pemilik produk Ford. Utamanya menyangkut model-model dengan penjualan terbaik.

Ford telah menyematkan temuan teknologi keyless theft-proof fob itu pada Ford New Fiesta dan Fiesta Van, sementara Ford Focus akan dimulai pada Mei 2019. Diharapkan, dalam dua tahun mendatang seluruh produksi Ford telah menggunakan fitur key fob anti-maling.

Lantas bagaimana bagi para pemilik produk Ford terbaru yang belum dilengkapi peranti anti-maling tadi?

Mereka bisa meminta penambahan keyless theft-proof fob dengan biaya berkisar sekitar Rp 1 - 2 juta untuk pengerjaan di bawah satu jam, termasuk pemrograman dan pengetesan.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini